MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Siap Merilis Mobil Listrik Tahun Depan Dengan Baterai Solid-State

DEC 16, 2020@09:00 WIB | 169 Views

Dikabarkan bahwa perusahaan otomotif, Toyota, akan meluncurkan mobil listrik dengan baterai solid yang hanya butuh waktu 10 menit charge di tahun depan.

Pada 2017 silam, Toyota sudah menggunakan baterai solid-state untuk mengaktifkan EV jarak jauh dengan pengisian cepat dan berencana untuk mengkomersialkan baterai dalam kendaraan listrik pada awal tahun 2020.

Baterai solid-state diperkenalkan Toyota karena dianggap berpotensi menyembuhkan segala kekurangan yang dihadapi kendaraan listrik yang menggunakan baterai lithium-ion konvensional, termasuk jarak yang relatif pendek yang ditempuh dengan sekali pengisian daya serta waktu pengisian daya.

Baterai solid-state diharapkan menjadi alternatif yang layak untuk baterai lithium-ion yang menggunakan larutan elektrolit encer. Inovasi ini akan menurunkan risiko kebakaran, dan melipatgandakan kepadatan energi, yang mengukur energi yang dapat dihasilkan baterai dibandingkan dengan beratnya.

Ditelusuri bahwa teknologi baterai ini mampu mencapai 500 km atau 310 mil perjalanan dan pengisian selama 10 menit. Baterai dapat memperpanjang jarak mengemudi kendaraan listrik dengan tetap menjaga ruang kaki yang ada.

Jika memang Toyota berhasil mengembangkan teknologi ini, Toyota dapat menjadi yang pertama menggunakannya pada kendaraan listrik. Walau begitu, masih perlu berbagai informasi tambahan lainnya mengenai kemajuan baterai solid-state ini.

Toyota sendiri belum pernah meluncurkan kendaraan listrik di luar China. Produsen mobil Jepang ini berfokus pada kendaraan hybrid dan sel bahan bakar dan sering berbicara tentang kendaraan baterai-listrik. Tapi setelah ini mungkin kita akhirnya dapat melihat salah satu kendaraan listriknya segera. [geo/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota,
#
mobil listrik,
#
baterai solid-state