MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Rilis Peranti Lunak Uji Coba keselamatan Virtual

FEB 09, 2019@11:00 WIB | 1,017 Views

Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Toyota Central R&D Labs, Inc. resmi merilis Total Human Model for Safety (THUMS) versi ke enam.THUMS merupakan peranti lunak untuk uji coba kecelakaan secara virtual. Software ini diteliti dan dikembangkan selama lebih dari 20 tahun oleh kedua perusahaan.

THUMS mensimulasikan analisis komputer yang terperinci tentang cedera tubuh manusia yang disebabkan oleh tabrakan kendaraan. Perangkat lunak baru ini menampilkan tubuh manusia dalam model organ dalam dan otot manusia. Gambar yang dibuat demikian bertujuan untuk dapat menganalisis yang lebih rinci mengenai kondisi pengendara ketika terjadi kecelakaan

(Posisi pengendara ketika mengendarai secara santai. Postur seperti ini diteliti oleh tim R&D untuk mengetahui letak cedera tubuh manusia)

THUMS dapat dibeli melalui JSOL Corporation (Tokyo) dan ESI Group (Tokyo). Perangkat lunak ini telah digunakan dalam penelitian teknologi keselamatan kendaraan oleh Toyota serta produsen mobil, produsen suku cadang, universitas, lembaga penelitian, dan sejenisnya, baik di Jepang maupun di luar negeri.

(Postur pengendara ketika mengerem)

THUMS Versi 5 mensimulasikan perubahan dalam postur tubuh pengendara dengan melihat kondisi otot pasca tabrakan. Sementara THUMS Versi 4 secara akurat menganalisis cedera yang terjadi pada tulang dan organ internal pada titik badan pengendara yang terkena benturan. Sebelumnya, para peneliti yang akan menganalisis cedera pasca tabrakan dan kondisi bagian tubuh yang terkena benturan wajib menggabung dua versi perangkat lunak, yaitu versi 4 dan versi 5.

(Beberapa versi piranti lunak dan kegunaannya)

Perangkat lunak THUMS Versi 6 yang baru ini dikembangkan agar para peneliti lebih mudah untuk menganalisis kondisi pengendara atau penumpang kendaraan dengan tingkat akurasi yang tinggi, tanpa mencampur perangkat lunak dan tentu saja akan meningkatkan efisiensi kerja. 

Ketika sistem keselamatan menjadi yang utama bagi teknologi mengemudi otonom, penggunanya juga dilindungi dari potensi tabrakan. Toyota berharap THUMS Versi 6 dapat digunakan dalam pengembangan teknologi keselamatan yang mampu melindungi pengguna kendaraan dalam berbagai kondisi.

Selain mengembangkan teknologi keselamatan dan mengemudi otomatis, Toyota bermaksud untuk meneliti dan mengembangkan teknologi yang membantu melindungi pengguna kendaraan jika terjadi tabrakan dengan memanfaatkan THUMS.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
toyota motor corporation,
#
toyota,
#
toyota central r&d labs,
#
inc,
#
toyota central r&d labs inc,
#
total human model for safety,
#
thums