MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Persiapkan SUV Listrik Guna Bersaing Dengan Volvo EX30

DEC 05, 2023@15:30 WIB | 148 Views

Yaris Cross dari Toyota adalah crossover subkompak yang sangat populer yang menawarkan tenaga hybrid dan plug-in hybrid, tetapi tidak ada pilihan listrik sepenuhnya. Namun jika absennya model BEV tampak seperti sebuah kekeliruan, pemikiran Toyota akan lebih masuk akal setelah peluncuran SUV Urban Concept akhir pekan ini.

Produsen mobil tersebut dengan bebas mengakui bahwa Urban Concept mengisyaratkan versi produksi EV baru yang mulai dijual di Eropa pada tahun 2024 dan akan berfungsi sebagai alternatif model listrik untuk Yaris Cross, karena keduanya sebenarnya adalah mobil yang berbeda. Namun pada kenyataannya hal itu lebih dari sekadar petunjuk.

Salah satu dari setidaknya enam mobil listrik baru yang akan diluncurkan Toyota di Eropa dalam dua tahun ke depan, SUV Urban Concept akan melawan rival seperti Jeep Avenger listrik, Volvo EX30 dan Mini Aceman yang akan datang, dan diyakini berbasis pada versi dari Toyota, platform e-TNGA yang digunakan di bZ4X. Bahkan mungkin akan dikenal dengan nama yang mirip saat diluncurkan pada tahun 2024.

Toyota merahasiakan hampir semua detail teknisnya untuk saat ini, hanya memberi tahu kita dimensi eksternalnya, yang mengungkapkan bahwa E-SUV 4.300 mm (169,3 inci) lebih panjang 120 mm (4,7 inci) dibandingkan Yaris Cross, 55 mm ( 2,2 inci) lebih lebar dan 40 mm (1,6 inci) lebih tinggi. Namun bos pengembangan produk Toyota, Andrea Carlucci mengatakan kepada Autocar bahwa mobil produksinya akan ditawarkan dengan konfigurasi penggerak depan atau semua roda dengan dua ukuran baterai, yang terbesar dapat memberikan jangkauan sekitar 250 mil (402 km).

Carlucci juga mengisyaratkan bahwa calon pembeli harus bersiap menghadapi harga premium dibandingkan Yaris Cross karena biaya perangkat keras baterai. Harga awal di kisaran 30.000 euro (Rp 587 jutaan) sepertinya mungkin terjadi.

Acara Toyota di Brussel memberikan panggung bagi produsen mobil tersebut untuk memamerkan beberapa konsep listrik lain yang pernah terlihat sebelumnya di belahan dunia lain di Eropa, termasuk Konsep Sport Crossover yang diluncurkan di Shanghai pada bulan April. Produsen mobil tersebut sekarang mengatakan liftback coupe-crossover empat pintu yang ramping akan dijual di Eropa pada tahun 2025. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota urban concept,
#
toyota,
#
ev,
#
suv,
#
volvo ex30