MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Perkenalkan GR010 Hybrid Untuk Kelas Hypercar di Balap Le Mans

JAN 15, 2021@19:00 WIB | 384 Views

Toyota GR010 Hybrid Diluncurkan Dengan Twin-Turbo 3.5-Liter V6 yang akan bersaing dengan pabrikan mobil di kelas Le Mans Hypercar yang baru dibentuk di World Endurance Championship. Yang menggerakkan mobil ini adalah mesin V6 twin-turbocharged 3,5 liter, jauh lebih besar daripada unit 2,4 liter yang digunakan oleh mobil Toyota TS050 LMP1 yang sudah pensiun.

Bekerja bersama mesin pembakaran internal adalah sistem hybrid gandar depan yang menghasilkan 268 hp. Tenaga total mobil dibatasi pada 670 hp. Untuk memenuhi batasan power ini, elektronik canggih GR010 Hybrid mengurangi tenaga mesin tergantung pada seberapa banyak dorongan hybrid yang digunakan pada waktu tertentu.

Toyota telah mengembangkan mobil tersebut selama 19 bulan terakhir di markas besar tim balapnya di Cologne, Jerman, selain juga menggunakan ahli powertrain hybrid listrik di Higashi-Fuji di Jepang. Dibandingkan dengan mobil TS050 LMP1 lama, GR010 Hybrid lebih panjang 250 mm, lebih lebar 100 mm, dan lebih tinggi 100 mm. Ini juga memberi bobot pada 1.040 kg (2.292 lbs), sedikit lebih dari 878 kg (1.935 lbs) dari TS050. Tim yang berkompetisi di kelas Le Mans Hypercar hanya dapat mengembangkan satu konfigurasi aerodinamis yang harus bekerja di sirkuit dengan gaya downforce tinggi dan rendah. Hanya sayap belakang yang bisa disesuaikan.

"Ada prinsip serupa di sisi powertrain juga, dengan kurva daya yang diberikan tetapi banyak kebebasan dalam hal konfigurasi. Perubahan terbesar bagi kami di sini adalah pindah ke hanya unit generator motor depan. Pengemasan untuk sistem hybrid lebih menantang pada mobil ini karena standar keselamatan yang diperbarui. Mesin pembakaran lebih bertenaga pada GR010 Hybrid dibandingkan dengan TS050 Hybrid, jadi ini adalah mobil yang sangat berbeda baik dalam penampilan maupun suaranya," papar Pimpinan Proyek Sasis di TGRE di Cologne, John Litjens.

Jajaran pengemudi perusahaan tetap tidak berubah dari program LMP1. Dengan demikian, Kamui Kobayashi, Mike Conway, dan Jose Maria Lopez akan mengendarai mobil#7. Sementara Sebastian Buemi, Kazuki Nakajima, dan Brendon Hartley akan membalap di mobil #8. [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
gr010 hybrid,
#
toyota gr010 hybrid,
#
hypercar