MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Kembangkan Map Khusus Mobil Otonom Pribadi

FEB 04, 2019@15:00 WIB | 1,823 Views

Toyota terus memperbarui teknologi kendaraan masa depannya, salah satunya adalah pengembangan peta. Jika saat ini kita mungkin masih menggunakan peta berbayar melalui google, apple, baidu, saat ini toyota sedang mengembangkan map pribadi yaitu Platform Pemetaan Otonom. Map atau peta ini nantinya akan terhubung ke sistem berkendara otonom.

Konsep peta “mandiri” tersebut dipresentasikan pada hari Kamis [31/1] lalu oleh Mandali Khalesi, penanggung jawab sistem pemetaan, strategi mengemudi otonom, produk dan aliansi Tri-Ad, perusahaan penggerak otonom yang dimulai oleh Toyota dengan Denso dan Aisin. Tujuan berdirinya Tri-Ad adalah mengubah penelitian yang dikembangkan oleh TRI, atau Toyota Research Institute, menjadi produk, dengan bantuan hampir 2.000 karyawan dan anggaran $ 2,8 miliar. 

Di Tri-Ad, Khalesi bergabung dengan tim ahli teknologi, seperti CEO James Kuffner yang merupakan anggota tim rekayasa perangkat lunak yang mengembangkan mobil self-driving Google. CTO alias kepala teknologi perusahaannya adalah Ken Koibuchi, yang bertanggung jawab atas teknologi mengemudi otomatis Toyota. Kepala perangkat lunak adalah Nikos Michalakis, yang membangun platform cloud Netflix. Dan UX ada di tangan Thor Lewis, mantan alumni Google.

"Peta empat dimensi merupakan pusat mengemudi otomatis. Tanpa kerangka pemetaan, kendaraan menjadi buta. Perusahaan di seluruh dunia dengan tergesa-gesa mengumpulkan data pemetaan, tetapi kemudian, sebagian besar data tersimpan di sensor silo di OEM, perusahaan telematika, dan perusahaan pemetaan," ujar Khalesi.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, bahwa Toyota diam-diam menjadi juara big open source. Toyota menjadi pendorong utama di belakang Automotive Grade Linux, sebuah sumber terbuka O / S yang didukung oleh banyak OEM dan pemasok di seluruh dunia. Toyota juga merupakan anggota premium dari Autoware Foundation, sebuah proyek sumber terbuka pendukung nirlaba untuk mobilitas mengemudi sendiri alias otonom.

Mengenai peta mandiri Toyota ini, kita tunggu saja BlackPals kapan akan diluncurkan secara resmi oleh perusahaan ini, dan seperti apa wujudnya.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
toyota,
#
tri ad,
#
denso,
#
aisin,
#
map khusus mobil otonom