MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Inggris Sedang Kembangkan Hilux Bertenaga Hidrogen

DEC 05, 2022@11:00 WIB | 1,299 Views

Toyota UK berencana untuk membangun purwarupa pickup Hilux bertenaga sel bahan bakar hidrogen (FCEV). Pickup ini sendiri saat ini dikabarkan sedang diteliti di fasilitas Toyota di Burnaston, Inggris dan akan menjalani pengujian.

Setelah pengembangannya selesai, Hilux hidrogen ini direncanakan untuk diproduksi dalam skala kecil. Toyota UK sendiri belum memberitahukan bagaimana harga serta kapan Hilux hidrogen ini akan dirilis.

Proyek Hilux bertenaga hidrogen ini didanai oleh lembaga Advanced Propulsion Center yang akan menyumbang £11,3 juta (sekitar Rp214,09 miliar), serta £5,6 juta (sekitar Rp106,09 miliar) dari pemerintah Inggris.

Hilux hidrogen ini dikabarkan akan menggunakan powertrain sel bahan bakar Mirai yang dilengkapi dengan tiga tangki penyimpanan dari komposit plastik serat karbon yang dapat menampung hingga 141 liter hidrogen.

Tumpukan sel bahan bakar elektrolit polimer padat 330 sel di bawah kap kemudian menggabungkan hidrogen dengan oksigen untuk menghasilkan listrik.

Listrik yang tidak digunakan oleh motor listrik 134 kW dan 300 Nm yang dipasang di belakang pickup ini disimpan dalam baterai lithium-ion kecil berkekuatan 1,2 kW.

Meskipun Hilux hidrogen ini kemungkinan besar hanya akan dijual di Inggris dan mungkin Eropa, proyek ini akan berguna bagi Toyota dalam pembuatan kendaraan bertenaga alternatif berskala besar. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
toyota,
#
hidrogen,
#
fcev,
#
toyota hilux,
#
hilux hidrogen,
#
mobil,
#
pickup truck