MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota 222D - Senjata Toyota yang Tertunda Aksinya

MAY 09, 2017@11:00 WIB | 382 Views

Toyota 222D adalah senjata rahasia dalam dunia rally yang tidak pernah beraksi. Mobil ini dipersiapkan untuk kategori FIA Group S. Group S diperuntukkan untuk menggantikan kelas reli Group B yang legendaris.

Salah satu dari prototype yang dipersiapkan untuk kelas tersebut adalah Toyota 222D, yang terlihat menggunakan basis Toyota MR2 generasi pertama dengan layout mid-engine all-wheel drive.

Sasis mengadopsi suspensi double wishbone pada bagian depan, bagian belakang mengadopsi five-llink independent setup. Sedangkan bagian mesin dipercayakan dari Celica ST165 GT-Four, sebuah mesin 2.0 liter 4 – silinder turbo.

Pengembangan ini dimulai dari tahun 1984, dengan sedikit perubahan dilakukan pada tahun 1985. Ini menjadi bukti komitmen Toyota untuk menyesuaikan regulasi Group S yang diperkirakan berdampak pada tahun 1987.

Sayangnya project 222D ini harus terbengkalai akibat FIA berubah pikiran dan memperkenalkan regulasi Group A di saat 222D hampir selesai. Seperti diberitakan carscoops, sampai saat ini diketahui terdapat dua prototype, satu berwarna hitam di Toyota Motorsport’s HQ, Cologne, Jerman, dan satu berwarna putih di Toyota Mega Web, Tokyo, Jepang. [aag/timBX]

Tags :

#
toyota 222d,
#
toyota,
#
blackauto