MENU
icon label
image label
blacklogo

Tonggak Bersejarah Fiat 500

JUL 19, 2017@11:30 WIB | 265 Views

Perjalanan Fiat 500 sudah menginjak usia 60 tahun pembuatannya. Mobil kecil yang fenomenal ini tak henti-hentinya pergi dari meja Dante Giacosa hingga ke pintu gerbang pabrik Mirafiori, dan dari Torino menempuh perjalanan panjang, ke MoMA di New York. Ini adalah kesuksesan global yang tak terbantahkan karena telah terjual4 juta unit model lama dan 2 juta unit model terkini, dan 80 persen terjual di luar Italia, di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Juli telah menjadi bulan perayaan, dengan penyerahan Fiat 500 yang ke-2 juta unit dan dua edisi terbatas yang didedikasikan untuk ulang tahun istimewanya; Edisi terbatas 500-60th, yang diperkenalkan di Geneva, dan 500 Anniversario, yang keduanya memadukan bakat dengan teknologi modern.

Rahasia dari sejarah 500 selalu adalah kemampuannya melangkah melampaui dimensinya sendiri dan menjadi sesuatu yang lain, meski tetap bertahan dengan ciri khasnya. Lebih dari sekadar mobil sederhana, ini adalah objek dengan kultur yang menarik, bersemangat dan terpengaruh di seluruh dunia. Bahkan pada tanggal 4 Juli kemarin, 500 bergabung menjadi koleksi permanen MoMA dan juga membintangi film pendek pertama Fiat. Ini bukanlah sembarang mobil: ini adalah seni. ‘See you in the future’, video penghormatan yang dibintangi Adrien Brody, telah mencapai lebih dari 15 juta penayangan, dengan dibintangi bersama aktor pemenang Oscar, menceritakan sebuah kisah cinta abadi.

Model Fiat yang ikonik ini juga menginspirasi mode. Merek pakaian olahraga mewah Hydrogen merayakan 60 tahun dari 500 dengan sweater edisi terbatas, dimana angka 1957 dibuat untuk memberi penghormatan pada tahun kelahiran mobil tersebut. Kaus kaki "500byHydrogen" adalah pakaian 'muda' dan mendefinisikan kepribadian pemakainya secara sekilas.

Kisah Fiat 500 akan terus berlanjut berkat komitmen pemilik, kolektor dan anggota komunitasnya, kebanggaan pekerja Fiat hingga merambah ke perangko baru Italia yang baru saja dipersembahkan untuknya –menjadi hadiah penghormatan hanya diperuntukkan bagi ikon yang paling dicintai dan dikenali, yang merangkum apa itu mobil dengan sempurna. Populer dan demokratis, Fiat 500 akan terus menghiasi jalanan dunia yang telah dilalui dan jalanan di masa depan. [bil/timBX]

Tags :

#
fiat 500,
#
fiat,
#
blackauto,
#
auto news