MENU
icon label
image label
blacklogo

Tomahawk Sport Car EV Jawab Tantangan Tesla dan Faraday Future

FEB 24, 2017@20:00 WIB | 358 Views

Sportcar Tomahawk dikembangkan oleh Dubuc Motors, merupakan mobil sport listrik dengan 4 tempat duduk yang berbasis di Quebec City, Kanada.  Dua orang pendiri Dubuc Motors yakni Mario Dubuc dengan basic mechanic dan Mike Kakogiannakis dengan basic bisnis properti, berusaha menciptakan sportcar dengan penggerak elektrik.

Tomahawk dalam catatan di atas kertas akan memberikan sensansi yang luar biasa. Klaim durasi 3 detik dalam mencapai 0-100 kph, dan kecepatan puncak 257 kph. Untuk konsumsi daya listrik mampu berjalan sejauh 595 km dalam siklus pengujian EPA. Meski akan menjadi pesaing Lucid dan Faraday Future, Dubuc Motors  telah mempersiapkan sportcar sejak tahun 2013. Mereka berdua bekerja 40 jam dalam satu minggu, dan mempersiapkan prototype ini sejak 10 tahun silam.

“Saat prototype dibangun, belum ada satupun mobil listrik yang dibuat,” tutur Kakogiannakis. "Saat itu komponen untuk mobil listrik tidak tersedia secara luas seperti sekarang, dan biaya produksi jauh lebih besar. Seiring waktu berjalan, komponen menjadi lebih murah dan lebih mudah dicari," jelasnya.

Dubuc Motors telah menciptakan dua prototipe Tomahawk, satu untuk pengujian dan satunya lagi untuk menggaet pelanggan potensial di auto show. Tomahawk bukan sebuah mobil keluarga, tidak berorientasi untuk mass market. Di sisi lain, mobil sport ini masih menyediakan 2 ruang untuk penumpang.

Mario Dubic menjelaskan eksistensi Tomahawk,“Kita tidak menyebut sebagai 4-seater karena akan terdengar seperti sedan atau SUV. Kami lebih suka menggunakan istilah two-plus-two untuk sebuah mobil sport. "

Bodywork terbuat dari aluminium seperti panel body dan sasis. Tempat duduk telah dibekali suspensi double-wishbone yang sepenuhnya independen, ditambah dengan air springs untuk adjustable ride height.

"Sekarang kami sedang bekerja pada dua mobil pra-produksi yang akan diluncurkan di CES Las Vegas," tutur Dubuc  menjelaskan satu mobil sebagai mobil show, dan satunya untuk pengujian.

Untuk dapat disetujui di pasar Amerika , membutuhkan sekitar 10 mobil untuk pengujian kecelakaan dan sertifikasi. Jika itu disetujui, tim berharap untuk menghasilkan 1.500 unit Tomahawk per tahun, dengan menjual kepada pelanggan yang menginginkan mobil listrik dimana mereka tidak puas dengan apa yang ditawarkan dari Tesla atau Faraday Future.[Ahs/TimBx]

Tags :

#
tomahawk sport car ev,
#
faraday future,
#
tesla,
#
supercar,
#
sportcar