MENU
icon label
image label
blacklogo

The New Audi RS 5 Coupe: Sportscar Fleksibel Buat Sehari-Hari

AUG 08, 2018@15:00 WIB | 273 Views

New Audi RS 5 Coupe diperkenalkan oleh PT Garuda Mataram Motor, Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang. Produk sportscar terbaru Audi ini adalah model Audi Sport pertama yang menggunakan idiom desain RS terbaru.

Desainer Audi mendapatkan inspirasi RS 5 Coupe dari detail model balap Audi 90 quattro IMSA GTO. Di bagian depan, lubang udara masuk berukuran besar dengan struktur sarang madu (honeycomb) menjadi ciri khas utama model RS. Grille model singleframe kini lebih lebar dan datar dibandingkan model Audi A5 sebagai base model-nya. Fender yang tampak berotot menggambarkan kekuatan sistem gerak empat roda quattro yang diusungnya dan membuat Audi RS5 ini lebih lebar 15 mm.

Di bagian belakang, bumper telah dilengkapi dengan diffuser khas model RS, lip spoiler di bagian pintu bagasi serta ujung pipa knalpot oval RS. New RS 5 Coupe mendapatkan roda dengan velg berukuran 20 inci dengan velg model 5-arm trapezoidal glossy anthracite black. Dengan total dimensi panjang 4.723 mm, New Audi RS 5 Coupe ini 74 mm lebih panjang dibanding model sebelumnya.

Sport car ini memiliki jantung pacu mesin V6 biturbo 2.9 TFSI yang menyuguhkan peningkatan performa dan efisiensi dibandingkan RS 5 generasi sebelumnya. Tenaga puncak 450 hp dan torsi maksimal hingga 600 Nm pada 1.900 – 5.000 rpm membuat mobil ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 3,9 detik dan kecepatan maksimal hingga 280 km/jam pada model dengan paket dinamis tambahan.

Dua buah turbocharger terpasang di bagian tengah, di antara kedua baris silindernya. Proses pembakaran B-cycle dengan direct injection terpusat mewakili tingkatan baru efisiensi bagi model-model RS. Langkah kompresi yang diperpendek digunakan untuk memungkinkan proses mesin bekerja dengan  rasio kompresi geometric yang lebih tinggi secara signifikan. Dikombinasikan dengan power stroke (langkah kerja yang lebih lama dibandingkan langkah kompresi, hal ini memungkinkan pembakaran yang lebih efisien, dan meningkatkan efisiensi mesin.

Uji NEDC membuktikan bahwa mesin V6 biturbo ini memberikan konsumsi bahan bakar hanya 8,7 liter per 100 km dan emisi gas buang CO2 sebesar 197 gram/km. Hal ini berarti New RS 5 Coupe lebih efisien hingga 17 persen. Faktor lain yang memberikan nilai efisiensi lebih besar adalah bobot New RS 5 Coupe yang hanya 1.655 kg atau 60 kg lebih ringan dibandingkan sebelumnya.

Kekuatan mesin V6 biturbo yang diusungnya tersebut diantarkan ke keempat rodanya melalui transmisi otomatis 8-speed tiptronic. Penggerak empat roda quattro yang dipakai membagi tenaga ke keempat rodanya secara asimetris 40:60 untuk menjamin pengendalian yang dinamis dengan traksi optimal dan tingkat keselamatan terbaik.

Suspensi five-link di bagian depan juga telah mendapatkan pembaharuan. Di bagian belakang suspensi five-link juga digunakan untuk menggantikan suspensi trapezoidal-link yang digunakan sebelumnya. Audi Sport juga menawarkan RS sport suspension dan  dynamic steering dengan RS-specific tuning.

Di bagian dalam, kabinnya di dominasi warna hitam yang sporty. Detail-detailnya seperti tempat duduk sport RS dengan jahitan berpola berlian yang berbalut bahan kulit Fine Nappa. Lingkar kemudi RS multifungsi berdasar rata juga memperkuat kesan sporty di dalam kabin. Logo RS terdapat pada tempat duduk, lingkar kemudi, door trim dan tuas transmisi. Layar tampilan spesial RS pada Audi virtual cockpit menampilkan informasi tekanan angin ban, torsi dan g-force. Layaknya mobil balap, lampu peringatan transmisi juga menyala pada saat putaran mesin mobil mencapai batasnya.

Material kulit berkontur sporty berwarna hitam dapat ditemukan di lingkar kemudi, tuas transmisi dan pelindung lutut. Semua pedal dan tempat injakan kaki menggunakan bahan stainless steel.

Untuk menghibur pengemudi dan penumpang, Audi RS 5 Coupe telah dilengkapi dengan sistem infotainment MMI navigation plus serta modul hardware MMI connect yang dapat mennyambungkan Audi RS 5 Coupe dengan internet melalui jaringan LTE. Interface ponsel pintar Audi juga menggunakan Apple Car Play untuk mengakses betbagai aplikasi yang tersedia.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
audi,
#
rs5 coupe,
#
giias2018,
#
pt garuda mataram motor