MENU
icon label
image label
blacklogo

The Ginetta G4: Si Cantik Pembunuh Raksasa Kecil

APR 14, 2020@20:00 WIB | 205 Views

Ketika kita berbicara tentang mobil sport asal Inggris yang ringan, kebanyakan orang langsung terbayang dengan Lotus, MG, Sunbeam, atau Triumph, tetapi masih ada lagi salah satunya yaitu "Ginetta".

Ginetta G4 adalah salah satu model paling sukses yang diproduksi oleh produsen mobil kecil Inggris. Di luar perbatasan Inggris hanya sedikit yang pernah mendengar tentang Ginetta namun mengingat sejarah mereka selama puluhan tahun dan daftar panjang kemenangan di ajang balap, mereka tidak diragukan lagi eksistensinya sebagai salah satu dari mobil sport terbaik dunia yang menyimpan banyak rahasia.

Ginetta di dirikan oleh empat bersaudara: Bob, Ivor, Trevers, dan Douglas Walklett, pada tahun 1958 yang berfokus pada mobil balap jalanan.  Mobil ini secara historical disebut Ginetta G1, segera diikuti oleh Ginetta G2 - mobil yang  berdasarkan pada mobil sport ringan gaya clubman / Lotus 7.

Pada awal 1960-an perusahaan Ginetta telah produksi Ginetta G3, yang tak lain adalah kendaraan full-fendered pertama mereka dan pada 1960 Walklett bersaudara meluncurkan apa yang akan menjadi salah satu model yang paling bertahan lama dan sukses yaitu Ginetta G4. 

Bangsa Inggris imagenya melekat sebagai pembuat mobil balap, bahkan mereka adalah salah satu negara paling sukses di dunia dalam balap motor dan hingga hari ini sebagian besar tim Formula 1 dunia berbasis di sana seperti salah satunya yaitu Mercedes.

Ginetta G4 dirancang dengan bodi fiberglass pada spaceframe baja tubular yang rigid yang bagian tengahnya terikat pada tempatnya. Hidung mobil membalik ke depan untuk memberikan akses yang sangat baik ke ruang engine, suspensi depan dengan lengan ganda A dengan pegas koil, dan suspensi belakang terdiri dari gandar hidup yang lebih tradisional dengan lengan trailing, gulungan, dan bingkai-A. Versi G4 yang lebih baru akan dilengkapi dengan ujung belakang yang independen, dan spaceframe tabung bulat asli akan diganti dengan spaceframe tabung persegi.

Berbagai mesin dapat dipasang ke G4, dijual baik sebagai kendaraan turnkey atau sebagai mobil kit, sehingga banyak pemilik bereksperimen dengan mesin yang berbeda, namun mobil pertama dilengkapi dengan Ford 1-silinder 1 liter (pre-crossflow) ). Mesin yang paling diinginkan secara luas dipertimbangkan untuk unit Lotus Twin-Cam, dan G4 asli yang membawa mesin ini cenderung mengambil harga premium yang cukup signifikan.

Ginetta mempertahankan G4 dalam era produksi dari tahun 1960 hingga 1968 namun kemudian dihidupkan kembali karena popularitas yang tinggi pada 1981 dengan versi modifikasi. Bahkan hari ini adalah mungkin untuk membeli Ginetta G4 resmi berlisensi baru yang dibangun oleh perusahaan bernama Dare di Inggris. Ginetta masih melakukan bisnis saat ini, mereka membangun sejumlah mobil sport modern.

Ginetta G4 1965 vintage merah cantik ini dilengkapi dengan mesin empat silinder Kent Crossflow dengan karburator Dellorto ganda. Sebuah roll bar balap dan sel bahan bakar telah dipasang, dan berjalan di atas roda Minilite, satu-satunya pilihan yang tepat untuk mobil seperti ini.

Rumah lelang Sotheby akan menawarkan G4 merah ini tanpa cadangan, jika anda ingin membaca lebih lanjut tentang hal itu atau mendaftar untuk mengajukan penawaran,silahkan  anda mengunjungi website tempat lelang tersebut untuk info lebih lanjut. [Arif/Asl/timBX]

Tags :

#
mobil sport asal inggris,
#
ginetta g4,
#
bodi fiberglass,
#
sejarah ginetta

RELATED ARTICLE