MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Ride Kawasaki Versys-X 250: Tenaga Mumpuni, dan Nyaman Dikendarai

FEB 27, 2017@10:05 WIB | 531 Views

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengundang beberapa awak media nasional untuk melakukan test ride Kawasaki Versys-X 250 dikawasakan gunung Bromo, Jawa Timur. Tak tanggung-tanggung KMI menawarkan pengujian di dua alam yaitu jalanan aspal dan  pasir yang tebal.

Kami tim BlackXperience diberikan kesempatan untuk menunggangi kuda besi yang diklaim tidak memiliki rival dikelas 250cc disegmen adventure di tanah air.  Tujuan dilakukan pengujian ini agar kami bisa merasakan secara keseluruhan kemampuan mesin yang diusungnya.

Tempat yang dipakai untuk test ride cukup menantang, yaitu kaki Gunung Bromo. Destinasi terindah di dunia yang memiliki kontur jalanan yang terjal, berkelok dan juga berpasir.

Sesi pengujian pertama dilakukan di jalan aspal. Lokasi di sekitaran Terminal Sukapura Probolinggo. Meski yang ditempuh hanya 13 Kilometer, namun memiliki rintangan berupa turunan dan tikungan yang membuat adrenalin meningkat.

Motor yang kami gunakan pada saat sesi test ride adalah varian paling tinggi dikelasnya yaitu Versys-X 250 Toure. Pandangan pertama ketika ingin menunggagi motor turing ini, kami pun mengira motor ini sangat berat. Karena Versys versi turing ini memiliki dua book yang diletakan dibagian belakang.

Namun semua itu hanya perasaan kami saja, ketika kami di tunjuk oleh KMI untuk merasakan sensasinya semua hilang. Berada diatas kuda besi yang kami rasakan sangat nyaman dan sama sekali tidak mengalami kesulitan. Maklum saja Versys 250 ini mengusung Backbone Frame yang kokoh dan mampu mengangkut pengendara dan bagasi, sehingga membuat Versys 250 sangat nyaman dipakai.

Meskipun torsinya kecil namun mesinnya terasa bertenaga, saat berada di putaran menengah dan atas. Biarpun begitu tenaga tidak menghentak. Begitu pedal gas diputar, akselerasi cukup halus sehingga sangat nayaman untuk digunakan jarak jauh. Selain itu perpindahan transmisi juga terasa halus

Ditambah lagi posisi duduknya yang tegap, dan posisi tangan yang mudah menjangkau setang. Semua itu menjadi perpaduan yang pada dalam membuat rasa santai ketika berkendara. Saat digunakan motor ini sangat jinak untuk diajak bermanuver. Kami pun percaya diri meliuk-liuk di jalan menurun ataupun menanjak yang terjal di Sukapura.

Ketika ketemu jalanan rusak, bantingan terasa bergitu empuk. Efek guncangan benar benar bisa diredam sehingga membuat nyaman pengendara. Hal itu dikarenakan Versys 250 menggunakan suspensi depan long travel atau suspensi yang lebih panjang sehingga memberikan ridding excitement diberbagai kondisi jalan. Ditambah shock belakang yang dibekali monoshock membuat semakin nyaman.

Sudah puas dengan jalanan beraspal, kami pun lanjut ditantang oleh KMI di jalanan off road.  Lebih tepatnya di area pasir kawah Gunung Bromo. Disini kemampuan Versys 250 semakin diuji.

Menariknya, motor ini benar-benar masuk nominasi motor petualang. Dengan menggunakan ban semi off road kami melakukan akselerasi dengan kecepatan mencapai 80 km/jam. Alhasil kami dengan mudah melibas pasir yang terdapat di Bromo. Meskipun sesekali ban belakang tergelincir namun kami dengan mudah dapat menjinakan kuda besi itu.

Overall, motor ini benar-benar nyaman dikendarai dan cepat akrab ketika Anda beradaptasi dengan Versys-X 250.  Tapi tetap Blackpals, semua keputusan untuk memilih kendaraan kesayangan anda ada pada Anda. Kami hanya memberikan sedikit informasi mengenai kendaraan yang di tawarkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia!! [ddy/timBX]

Tags :

#
kawasaki versys-x 250,
#
kawasaki versys-x,
#
kawasaki versys,
#
kawasaki,
#
test ride,
#
motor turing