MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive BMW C400X : Berselancar Lincah di Keramaian Kota

FEB 19, 2019@10:00 WIB | 1,037 Views

Skuter matik  BMW C 400 X yang baru diluncurkan pada 16 Februari 2019 kemarin cukup menarik perhatian. Pasalnya disamping bahasa desain yang cukup elegan, skuter C400X ini memiliki segudang fitur yang lengkap seperti sebuah moge.  Dan yang terpenting, penulis pun berhasil melakukan test drive, pada skuter besar pabrikan Jerman ini, di sekitaran jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Lampu depan telah menggunakan LED, dengan desain  mengadopsi lampu depan motor besar BMW seperti F800 GS, sebuah fender depan yang mungil, dan lampu belakang yang  kecil cukup minimalis. Dengan fitur premium, untuk menghidupkan mesin tidak perlu menggunakan kunci, karena sudah menggadopsi sistem  keamanan immobilizer. Tinggal menekan tombol on, dashboard digitalnya menyala, kemudian butuh satu sentuhan tombol power di sebelah kanan, untuk menyalakan mesin. Dalam sekejam, mesin menyala dan siap mengaspal.

Penulis pun cukup yakin menungganginya, meski harus jinjit, jok motornya didesain cukup ergonomis, bahkan setinggi badan saya 160 cm. Oke, jok C400X cukup lega, dan tidak menyiksa pengendara meski dalam keadaan macet sekalipun. Akselerasi dan handling, bisa dibilang cukup bagus, dalam kondisi perkotaan yang macet sekalipun. Skutik ini cukup mudah diajak menyusuri kemacetan, dan saya cukup mudah mencapai kecepatan 80 km/jam, dalam kondisi jalanan yang lenggang. Fitur ABSnya cukup bekerja ketika pengereman mendadak, dengan dua cakram disk depan, dan satu disk di belakang.

Selain desain joknya yang maksimal dan fungsional, pengendara bisa memanaskan jok, melalui tombol bantuan jok heater. Begitu pula ketika tangan mulai berkeringat, bisa mengaktifkan grip heater. Kedua tombol tersebut bersebelahan di samping tombol start/stop engine.

Dibagian kiri stang terdapat tombol hazard, lampu jauh, klakson, sein, dan cursor menu serta rotary menu, untuk memilah menu-menu pada dashboard.  Penulis cukup kagum ketika segudang fitur-fitur mobil tertanam pada dashboard berukuran 6,5 inci, TFT display layer.  Dan andai kata riding keluar kota, skuter C400X ini cukup mampu melibasnya, karena telah dibekali fitur konektivitas antar rider, dan smartphone. BMW menyebutnya sebagai BMW Motorrad Connectivity.

Selain, jok yang besar, C400X memiliki ruang simpan yang cukup besar.  Pasalnya bisa menyimpan 1 helm full face, dan 1 helm half face, dengan bantuan fitur cerdasnya. Untuk membuka jok, cukup menekan satu kali tombol, dan jok akan membuka dengan bantuan tangan, didukung dengan pegas telescopic, jok membuka sendiri dengan pergerakan cukup halus. Begitu juga dengan pengisian bensin, yang berada didepan antara handling dan jok.

Diantara segudang fitur yang mempesona penulis, ada dua ruang penyimpanan, di bawah stang. Awalnya penulis kira ada USB port yang tersembunyi, namun tidak kami temui. Kalau untuk menyimpan 5 power bank cukup, tapi itu bukan yang diperlukan seorang rider untuk berpetualang antar kota.  Selain itu kekurangan lainnya, windshield yang tidak miliki pengaturan digital,  dan ekstra van untuk radiator  bekerja cukup optimal mendengung mendinginkan mesin yang baru menyala. [Ahs/timBX]

Tags :

#
bmw,
#
bmw motorrad,
#
bmw c 400 x,
#
skuter matik,
#
skuter premium