MENU
icon label
image label
blacklogo

Tesla Recall 356.309 Unit Model 3 Karena Masalah Kamera Rearview

DEC 31, 2021@17:30 WIB | 217 Views

Kebijakan "kirim sekarang, perbaiki nanti" yang diterapkan oleh Tesla begitu dikenal sehingga orang bahkan mempertanyakan apakah perusahaan kepunyaan Elon Musk ini menguji mobilnya sebelum menjualnya. Recall terbaru Tesla semakin memperkuat kecurigaan ini karena masalah ini tidak terkait dengan masalah pemasok atau perakitan. Pemilik 356.309 mobil Model 3 mengalami masalah kamera rearview hanya karena gerakan membuka dan menutup tutup bagasi mobil.

Menurut Tesla, “Trug harness Model 3 dilengkapi dengan kabel koaksial inti padat yang menyediakan feedback kamera rearview untuk visibilitas di tampilan tengah.” Pengoperasian tutup bagasi sehari-hari yang sederhana dapat merusak kabel koaksial ini sedemikian rupa sehingga semua Tesla Model 3 yang diproduksi mulai 15 Juli 2017 - awal produksi mobil ini - hingga 30 September 2020, termasuk dalam recall ini.

Perusahaan mengatakan bahwa mereka mengadopsi desain harness bagasi yang berbeda ketika mengakhiri produksi tahun 2020, Perubahan ini akan terjadi pada 30 September 2020 dan tidak diungkapkan oleh Tesla serta pada akhirnya desain ini malah tidak berhasil.

Untuk menjelaskan masalahnya, Tesla menyatakan bahwa “kabel koaksial ditempelkan ke harness pada tutup bagasi dan memanjang atau terlipat saat bagasi membuka dan menutup. Ketika bagasi dalam keadaan tertutup, harness terlipat dan mungkin mengalami radius tikungan yang ketat, menekan inti kabel.”

Untuk memperbaikinya, Tesla akan memeriksa kendaraan ini dan memeriksa apakah kabel koaksial masih dalam kondisi baik. Jika masih baik, Tesla akan memasang pelindung di harnes bagasi "untuk memastikan radius yang cukup ketika harnes menahan dalam keadaan bagasi tertutup dan mencegah keausan lebih lanjut." Jika sudah putus, Tesla akan mengganti kabel koaksial dan memasang pelindung pemandu.

Tesla Service Center di beberapa negara sudah melakukan perbaikan ini sejak 23 Desember. Dengan jumlah pekerjaan yang sudah mereka miliki, menangani 356.309 secara tiba-tiba membuat segalanya semakin sulit bagi mereka. [fkg/zz/timBX]

Tags :

#
tesla 3,
#
tesla,
#
recall