MENU
icon label
image label
blacklogo

Tesla Bikin Mobilnya Mengeluarkan Bunyi Mesin?

JAN 13, 2019@10:25 WIB | 1,204 Views

Sepertinya keluhan pengguna jalan mengenai heningnya tesla sudah direspon oleh perusahaan ini. Tesla telah mengambil langkah untuk mempersiapkan Model 3 mematuhi peraturan yang akan datang, yang memaksa para pembuat mobil listrik untuk memiliki mesin “bising” agar diketahui oleh pejalan kaki. Setelah bertahun-tahun dipertimbangkan, akhirnya Departemen Transportasi AS (DOT) menerapkan apa yang sekarang dikenal sebagai peraturan untuk “mobil tanpa suara” untuk memaksa para pembuat mobil menambah perangkat “kebisingan” pejalan kaki ke kendaraan listrik atau kendaraan hybridnya.

Pada akhir tahun depan, semua mobil listrik baru harus mengeluarkan suara dengan kecepatan rendah agar pejalan kaki mengetahui “kehadiran” mobil listrik. Kembali pada tahun 2016, skema Tesla Model S dengan perangkat untuk “kebisingan pejalan kaki” sudah diperlihatkan. Tesla mengambil langkah untuk memodifikasi bagian Model 3 agar sesuai dengan perangkat yang dimaksud.

Salah satu pemilik Model 3 dan Youtuber, DÆrik memperlihatkan lubang speaker tepat di bagian bawah bumper depan Model 3 miliknya. Tidak hanya bagian depan, bagian belakang juga akan dipasang sebuah speaker untuk mengeluarkan “bunyi mesin” dari mobil listrik ini.

“Ada pertanyaan tentang membuat Model S mengeluarkan suara. Jelas, tantangannya adalah menghindari polusi suara pada saat yang bersamaan,” ujar Elon Musk.

"Saya pikir hal yang masuk akal dan ideal jangka panjang adalah memiliki sensor jarak yang mengarahkan suara menyenangkan ke arah di mana seseorang berjalan. Dengan kata lain, bunyi suara akan keluar jika sensor yang dipasang mengenai halangan yang ada di sekitar mobil, dengan jarak yang ditentukan,” lanjutnya

Masih belum jelas apakah Tesla dapat menerapkan solusi seperti itu dengan peraturan baru, tetapi sepertinya Tesla sedang mempersiapkan Model 3 untuk setidaknya dapat mengeluarkan suara dengan cara baik.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
tesla,
#
bunyi mesin,
#
peraturan pemerintah,
#
tesla model 3