MENU
icon label
image label
blacklogo

Perkenalkan Inilah Toyota GR Yaris 475 hp Dari HKS

DEC 24, 2020@11:30 WIB | 625 Views


Jika melihat fitur drive pada Gazoo Racing (GR) Yaris yang baru, mungkin bertanya-tanya apakah mesin 1.6L 3 silinder turbo G16E dan 270hp yang dihasilkannya dapat didorong lebih jauh? Jika iya, seberapa aman?

HKS sedang dalam perjalanan untuk menjawab pertanyaan itu, dan dalam perjalanan saya baru-baru ini ke markas besar perusahaan tuning Jepang di dasar Mt. Fuji, mereka juga mengeluarkan GR Yaris yang telah mereka mainkan selama beberapa bulan.

Beberapa waktu lalu, Gazoo Racing memasok HKS dengan beberapa mobil pra-produksi sehingga mereka dapat memulai program desain dan produksi suku cadang aftermarket GR Yaris. Seperti yang mungkin Anda lihat di media sosial , Daigo Saito juga mendapatkan GR Yaris, dan mobil itu - yang akan kita lihat hari ini - keduanya berada di ujung penerima aero wide-body Pandem kit yang berhasil diproduksi Miura-san dengan kecepatan secepat kilat.

Sementara Daigo telah menggunakan swap 2JZ di Yaris-nya, HKS telah memfokuskan perhatian mereka untuk mengekstraksi lebih banyak tenaga dari mesin G16E pabrikan yang menggerakkan spesial Gazoo Racing ini.

Apa yang Anda lihat di sini adalah apa yang disebut HKS sebagai pengaturan 'Langkah 1' mereka, sebuah mobil balap dan drift fungsional dan berkinerja baik yang ditujukan untuk penggunaan pameran. Pengemudi HKS, Nobuteru 'Nob' Taniguchi telah menempatkan Yaris melalui serangkaian sesi pengujian tertutup, di mana para insinyur HKS mengatur suspensi dan menyempurnakan pengaturan mesin dan bagian eksperimental yang telah mereka kembangkan untuk model tersebut.

Saat saya selesai memotret Yaris di fasilitas HKS, itu dibawa kembali ke bengkel di mana mesin ditarik untuk memulai 'Langkah 2', guna memeriksa bagian dalam dan melihat kemungkinan perbaikan.

Kami sebelumnya telah mengambil  tampilan digital pada kit overfender yang dibuat Miura untuk mobil, tetapi melihatnya secara langsung adalah sesuatu yang lain. Proporsinya tepat, dan itu benar-benar terlihat seperti mobil WRC atau World RX yang lengkap, tetapi dengan beberapa bumbu JDM di dalamnya.

Untuk mengisi lengkungannya yang diperkuat, HKS GR Yaris menjalankan apa yang dulu kami sebut sebagai roda dan ban 'ukuran GT-R'. Itu adalah roda 18 × 9,5 inci - dalam hal ini Yokohama Advan Racing R6s - beralas dengan radial pegangan tinggi Yokohama Advan A052. Sangat gila membayangkan Yaris menjalankan kombo besar, tetapi mereka pasti tidak terlihat terlalu besar untuk mobil.

Suspensi ditingkatkan dengan prototipe koilovers HKS, dan mobil menjalankan lengan depan dan belakang khusus untuk memperpanjang posisi hub dan memanfaatkan lebar bodi yang ditingkatkan.

Sikap agresif itu semakin ditonjolkan oleh grafis percikan minyak HKS yang ikonik, yang merupakan petunjuk visual instan bahwa ini adalah mobil yang dibuat untuk tampil. Tentu saja, tidak ada mobil demo JDM yang lengkap tanpa sepasang spion serat karbon Craft Square. Barang sederhana namun efektif ini telah menjadi standar industri.

Menurut saya pribadi, Pandem kit terlihat paling baik dari belakang, karena celah yang ditinggalkannya di sepanjang garis bodi aslinya memberikan karakter yang serius. Saya melihat lebih dekat tetapi tidak ada yang berfungsi dengan udara - ini murni estetika - tapi saya yakin kita semua sudah tahu itu.

Mobil ini menjalankan kit rem GR merah, yang hadir pada model RZ saat dilengkapi dengan paket opsional 'Kinerja Tinggi' (yang juga menambahkan hal-hal keren seperti Torsen diff depan dan belakang serta penyemprot air intercooler).

Kaliper monoblock depan 4-pot dan belakang 2-pot adalah pengingat lain sejauh mana Gazoo Racing telah menggunakan mobil ini. Ini adalah sistem pengereman yang jauh lebih baik dan spesifikasi lebih tinggi daripada yang didapat GR Supra; sesuatu untuk dipikirkan di sana…

Setiap paket aero yang terinspirasi dari rally membutuhkan spoiler palka / atap yang serius, dan pasti tidak ada yang melewatkan yang ini. Dua batang logam membantu menopang sayap, tetapi sekali lagi saya pikir itu lebih merupakan tambahan visual daripada yang lainnya.

Bangunan HKS ini sudah ada berhari-hari, tapi satu aspek membuatku senang tapi bingung. Seperti yang saya sebutkan di fitur penggerak GR Yaris saya sebelumnya, Gazoo Racing mengembangkan panel atap serat karbon untuk membantu menurunkan pusat gravitasi Yaris, hanya untuk menyelesaikannya dengan vinil tampilan karbon.

Mohon maaf karena harus mengungkapkan ini kepada Anda, tetapi G16E tanpa penutup mesin plastiknya terlihat seperti bagian belakang mesin cuci. Meskipun mesin berkinerja modern menjadi seefisien dan kuat, mesin ini menjadi sangat rumit.

Di bawah kap mesin, HKS tidak banyak berbuat pada motor untuk modifikasi tahap pertama ini, tetapi itu bukan berarti tidak menghasilkan lebih banyak tenaga. Justru sebaliknya.

HKS mulai bermain-main dengan pengaturan ECU, memodifikasi untuk menyempurnakannya. Idenya adalah untuk mendorong stok G16E sejauh mungkin, dan sejauh ini diperlukan penambahan prototipe turbo baut dan peningkatan dorongan dari pabrik 1.4bar (20.6psi) hingga 2.7bar (39.7psi) . Untuk mendukung hal tersebut, dibuatlah prototipe intercooler, bersama dengan sistem semprotan intercooler yang dimodifikasi dan kit pipa keras. Kotak udara stok juga dibuang demi filter HKS Super Power Flow. Hasil dari semua ini adalah 375hp - keuntungan 100hp yang solid atas saham.

Tapi HKS tidak berhenti sampai di situ. Sebuah tambahan  100hp diperoleh melalui 100-shot dari nitrous oxide, untuk total 475hp. Itu sudah cukup bagi Taniguchi untuk dengan mudah mengendarai mobil roda empat dalam tes baru-baru ini.

Hal yang paling mengesankan adalah dengan tambahan tenaga 200hp, baik mesin dan driveline manual 6 kecepatan masih bekerja dengan sempurna. Toyota memiliki reputasi untuk merekayasa produk performa mereka secara berlebihan, dan GR Yaris tampaknya tidak terkecuali pada aturan tersebut.

Dengan knalpot custom-nya yang terbuka, suara mesin cukup agresif dengan overrun ala WRC. Menyaksikannya melesat di sekitar jalan uji dalam HKS benar-benar sesuatu yang lain dari biasanya.

Masuk akal juga mengapa HKS tampak begitu bersemangat untuk terjun ke tahap kedua penelitian dan pengembangan untuk G16E. Jika benda ini begitu tangguh dalam bentuk standar, tidak diragukan lagi akan merespons dengan baik putaran modifikasi yang lebih banyak dan lebih besar. Mungkinkah 500hp + GR Yaris menjadi standar tuner dalam beberapa tahun? Itu akan sangat gila!

GR Yaris adalah tambahan yang bagus untuk jajaran Gazoo Racing, di mana A90 Supra juga cocok dengan mesin BMW B58 yang sudah siap disetel. Berita seperti inilah yang membuat saya tersenyum lebar, karena saya selalu takut kita berada di langkah terakhir penyetelan mesin pembakaran.

Segera setelah Anda membuka pintu samping pengemudi, terlihat jelas bahwa ini adalah mobil pra-produksi; potongan trim menggunakan plastik eksperimental dan ada banyak potongan yang hilang. Namun tidak perlu khawatir, karena HKS berencana untuk sepenuhnya melengkapi mobil tersebut seiring dengan berkembangnya proses penyetelan.

Yang cukup mengejutkan, roda kemudi stok telah dipertahankan, meskipun ini akan segera ditukar dengan item balap, yang berpotensi menjadi salah satu roda Nardi yang menjadi ciri khas Taniguchi. Stok "90s dash" seperti yang disebutkan di bagian komentar fitur GR Yaris, telah diganti dengan pencatat data / tampilan warna MoTeC C125 untuk menyediakan semua data realtime Anda yang dibutuhkan dari ECU.

HKS sekali lagi berkolaborasi dengan Bride dalam proyek ini dan mobil ini mendapat manfaat dari beberapa kursi serat karbon teringan mereka, termasuk XERO RS untuk sisi pengemudi.

Mobil ini, bersama dengan GR Yaris bertenaga 2J Daigo Saito, tentu saja membantu orang-orang seusia saya untuk menghidupkan kembali hasratnya untuk hal-hal menarik. Kembali ke sekolah, saya dulu bermimpi memiliki Peugeot 205 GTi atau Golf GTI 16V, dan begitu saya memiliki kesempatan untuk mengemudikan keduanya, keduanya menjadi tertanam di benak saya sebagai tolak ukur yang terus saya pertimbangkan untuk melawan mobil modern.

Saya sekali lagi memuji Toyota karena mengizinkan GR Yaris tidak hanya terjadi, tetapi seperti yang telah dibuktikan oleh HKS, memberinya powertrain dan driveline yang dapat dimainkan oleh kami para penggemar untuk dekade mendatang. Sekarang saya hanya menunggu untuk melihat bagaimana dunia tuning merangkul mobil ini. Saya yakin Tokyo Auto Salon 2021 akan memberi kita beberapa contoh tuning aero yang bagus, sementara HKS dan produsen suku cadang lainnya mencari cara untuk menawarkan paket daya yang andal kepada pelanggan mereka.

Di samping catatan, Toyota, jangan mengecewakan semua teman penggila mobil kami di AS. GR Yaris terlalu bagus untuk dibatasi di beberapa pasar tertentu! [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
hks,
#
toyota gr yaris 475 hp,
#
toyota gr yaris,
#
gazoo racing,
#
toyota