MENU
icon label
image label
blacklogo

Terkuak Ini Spesifikasi Mesin Hennessey Venom F5

SEP 05, 2018@08:30 WIB | 5,114 Views

Setelah satu tahun jeda waktu pengenalan ke publik Hennessey Venom F5 belum pernah dibahas. Powertrain apa yang digunakan untuk hypercar Venom F5, sehingga diklaim mampu tenaganya 100 hp lebih dari kemampuan Bugatti Chiron dan Koenigsegg Regera.

Mobil Venom F5 ini diperkenalkan kembali pada Motorsports Gathering pada Monterey California. Hennessey menegaskan Venom F5 dibekali dengan mesin V-8, twin turbocahrged, berkapasitas 7.6 liter menghasilkan 1600 hp dan torsi 1762 Nm. Bila dibandingkan dengan kompetitor Venom memiliki daya lebih, namun masih dibawah dari Rimac C_Two dengan daya mencapai 1914 hp. Sejak mejeng di Monterey, Hennessey telah menetapkan standar baru mesinnya.

Secara kontruksi, mesin Hennessey Venom F5 dibuat dari bahan aluminium billet, dengan lengan silinder dari terbuat dari baja. Hasil rasio kompresinya 9.3:1 dan tekanan 24 psi yang relatif tinggi dari tekanan sepasang turbocharger yang dihasilkan dengan roda kompresor billet. Header mesinnya terbuat dari stainless steel dan dry sump oiling system, yang dipasang lebih rendah di sasis.

Selama dua tahun, pengembangan mesin Hennessey dilakukan dengan bekerjasama dengan Pennzoil dan Shell.  Selanjutnya mesin 1600 hp tersebut bakal menggunakan oli Pennzoil Platinum 10w-60 milik, dan pump gas Shell V-Power Nitro untuk mencapai target kinerjanya.

Nah, target seperti apa yang ingin dicapai Hennessey. Dari namanya Venom F5 merupakan referensi nama untuk mengklasifikasikan kecepatan tornado. Bila dibreakdown, kecepatan angin tornado F5 mencapai 260-318 mph atau sekitar 418 hingga 511 kpj. Nah diantara range kecepatan tornado, Venom F5 ditargetkan mencapai 484 kpj.

Seperti yang Anda ketahui BlackPals, kecepatan tertinggi versi produksi masih dipegang oleh Koenigsegg Agera RS, November tahun silam dengan 447,2 kpj. Bagaimana dengan kontruksi sasis Venom F5?

Dilansir dari halaman Motorauthority, Hennessey telah mengembangkan sasis unik dan tidak lagi menggunakan platform milik Lotus seperti yang digunakan oleh Venom GT. Selanjutnya, pengembangan Venom F5 akan berlangsung di Nurburgring, dimana Hennessey diharapkan mampu meluncur dibawah 7 detik dalam satu lap. Satu-satunya, mobil versi produksi yang telah merobek dibawah 7 detik adalah Porsche 911 GT2 RS dengan 6 menit 47,3 detik.

Dan bila BlackPals ingin pengoleksi, Venom F5 hanya diproduksi dalam 24 unit. Sedangkan 15 unit dari jumlah tersebut, slotnya telah terjual. Harga ditawarkan perunit USD 1,6 juta atau sekitar Rp 21,7 miliar.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
hypercar,
#
hennessey,
#
venom f5,
#
spesifikasi mesin