MENU
icon label
image label
blacklogo

Terinspirasi F1, Hyundai Luncurkan Stasiun Pengisi Daya yang Futuristik

APR 10, 2021@10:00 WIB | 144 Views

Hyundai memperlihatkan salah satu stasiun pengisian yang akan dibangun di seluruh Korea Selatan tahun ini.

Stasiun pengisian daya yang disebut E-Pit terinspirasi dari pemberhentian Formula 1. Filosofi kecepatan dan efisiensi pada Formula 1 diterapkan pada stasiun pengisian daya ini. Dengan kemampuan pengisian 800 volt untuk mengisi 80 persen daya hanya dalam 18 menit. Kendaraan juga mampu mengisi daya 5 menit untuk menambah jarak tempuh 100 km.

Hyundai akan membangun 12 stasiun E-Pit dengan total 72 outlet pengisian daya di beberapa titik perhentian jalan raya di seluruh Korea pertengahan April. Setelahnya akan dibangun delapan stasiun lagi dengan 48 pengisi daya di pusat kota.

E-Pit akan menampilkan kemampuan Plug and Charge, dengan autentikasi otomatis dan pembayaran untuk  pemberhentian yang nyaman dan cepat. Hyundai memperkenalkan layanan pembayaran digital yang memungkinkan pengguna membayar secara otomatis melalui aplikasi seluler. Memiliki pengisian daya stasiun seperti ini sangat penting di Korea karena lebih dari 60 persen orang tinggal di apartemen, sehingga tidak dapat mengandalkan pengisian ulang kendaraan mereka di rumah. Namun demikian, masih perlu melihat apakah Hyundai akan membangun stasiun pengisian serupa di negara lain.

Kendaraan pertama dari pabrikan mobil yang mendapatkan keuntungan dari stasiun pengisian cepat adalah Ioniq 5 yang serba listrik. Kendaraan ini akan bergabung dengan Kia EV6 yang didasarkan pada platform yang sama dengan Ioniq 5 dari memiliki banyak komponen yang sama. Akhir tahun ini, Genesis akan bergabung dengan EV bersama JW menggunakan platform yang sama dengan Ioniq dan EV6. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
hyundai,
#
stasiun pengisi daya futuristik,
#
stasiun pengisi daya hyundai,
#
f1