MENU
icon label
image label
blacklogo

Teknologi Keyless Bikin Angka Pencurian Mobil di Inggris Capai Rekor Tertinggi

DEC 05, 2023@16:29 WIB | 169 Views

Pencurian mobil di Inggris mencapai titik tertinggi sepanjang masa dan salah satu penyebabnya adalah teknologi mobil tanpa kunci atau keyless.

Teknologi mobil tanpa kunci bertanggung jawab atas lonjakan pencurian mobil, dan tahun 2023 akan menjadi tahun terburuk dalam sejarah menurut asuransi perusahaan LV Umum.

Angka tahun lalu menunjukkan peningkatan sebesar 59 persen dalam pencurian, dan perusahaan asuransi memperkirakan angka tersebut akan lebih tinggi lagi pada saat angka pencurian pada tahun 2023 dijumlahkan.

Banyak merek telah mengalami puncak pencurian, dan tingkat kejahatan mobil biasanya meningkat dua kali lipat di malam musim dingin yang lebih gelap. “Jika pencurian secara keseluruhan terus berlanjut pada tingkat yang sama sepanjang tahun ini, tahun 2023 diperkirakan akan meningkat 28 persen dibandingkan tahun 2022,” klaim raksasa asuransi tersebut.

Klaim Toyota tercatat meningkat pesat 103 persen pada periode yang sama, sedangkan Kia 76 persen dan Hyundai 81 persen.

Menurut perusahaan asuransi, Hyundai Tucson dan Kia Sportage kendaraan yang paling banyak diincar, mencapai 45 persen dari klaim pabrikan masing-masing. Lexus RX dan NX menyumbang 54 persen dan 21 persen dari klaim pencurian perusahaan mewah Jepang, sedangkan RAV4 menyumbang 47 persen pencurian.

Lonjakan jumlah mobil curian didorong oleh kemudahan penjahat mendapatkan perangkat secara online untuk menghindari sistem keamanan kendaraan yang rumit. 

Salah satu jenis perangkat khususnya telah menjadi populer, karena memungkinkan pencuri untuk 'menyambungkan' kabel yang menghubungkan lampu depan mobil - seringkali mudah diakses di belakang bemper - dan dalam hitungan detik mengelabui mobil agar mengira kuncinya telah dibuka oleh remote pemiliknya. 

Mobil bekas sangat diminati, karena rata-rata 30% lebih mahal dibandingkan dua tahun lalu dan digunakan oleh penjahat sebagai mata uang. 

Teknologi mobil tanpa kunci terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya mobil yang diproduksi, namun sayangnya tidak butuh waktu lama bagi pencuri untuk menemukan cara untuk mencurinya dan mengembangkan taktik mereka sendiri, seperti sinyal untuk membuka kunci mobil melalui umpan ke sensor di belakang lampu depan [wic/timBX].

Tags :

#
keyless,
#
pencurian mobil