MENU
icon label
image label
blacklogo

Teknologi Car2X New Golf Volkswagen Diakui Mampu Cegah Kecelakaan

MAR 20, 2020@16:00 WIB | 352 Views

New Golf Volkswagen (VW) diakui sarat teknologi dengan kabin nyaris tanpa tombol dan mengadopsi sistem digital. Dilengkapi fitur baru Car2X yang mampu memperingatkan bahaya saat mobil melaju, sehingga penendara bisa melakukan antisipasi.

Terbukti, berkat inovasi teknologi Car2X, VW Golf diakui dapat membantu pengemudi mencegah terjadinya kecekaan di jalan. Car2X ini memungkinkan terhubung secara nirkabel dengan kendaraan lain dan infrastruktur lalu lintas.

Organisasi Keselamatan, Program Penilaian Mobil Baru Eropa atau Euro NCAP (New Car Assessment Programme) yang sangat popuper di dunia otomotif global, memberikan pengakuan khusus terhadap fungsi peringatan bahaya lalu lintas dengan Advanced Award untuk inovasi fitur keselamatan tersebut.

Asosiasi Allgemeine Deutsche Automobil-Club (ADAC) juga telah menguji teknologi baru ini dan menyebutnya sebagai “technical milestone”. Sebagaimana Milestone yang berfungsi sebagai alat bantu manajemen proyek agar dapat dikelola dengan baik dan tepat waktu, teknologi terbaru yang disematkan pada VW Golf juga mampu secara akurat memanej kendaraan saat melaju di jalan dengan kendaraan lain dan infrastruktur lalu lintas sepanjang jalan.

"Ini adalah area keselamatan yang menarik," jelas Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal di Euro NCAP. "Volkswagen harus diberi selamat karena membuat standar teknologi pada kendaraan yang menjual dalam jumlah besar seperti Golf."

VW Golf baru merupakan mobil pertama di pasar Eropa yang dilengkapi standar dengan teknologi Car2X, yang didasarkan pada standar nirkabel Wi-Fi p. Jenis Wi-Fi ini secara khusus dirancang untuk komunikasi lokal antar kendaraan dan tidak menggunakan jaringan telepon seluler, yang berarti menyediakan cakupan penudung dalam batas-batas sistem.

Dalam radius hingga 800 meter, kendaraan yang terhubung langsung bertukar data posisi dan informasi satu sama lain. Ini memungkinkan mereka untuk saling memperingatkan bahaya atau melakukan kontak dengan infrastruktur lalu lintas dalam hitungan milidetik.

Asosiasi otomotif Jerman seperti ADAC telah menguji teknologi Volkswagen Car2X, di mana ia menguji VW Golf baru ke dalam delapan situasi berbahaya khusus di mana seorang pengemudi, tanpa diperingatkan, tidak akan dapat bereaksi sama sekali, atau hanya akan dapat bereaksi jauh kemudian.

Hasil dari uji ADAC tersebut menunjukkan, pada semua delapan situasi, kendaraan memperingatkan pengemudi andal dan tepat waktu, bahkan hanya terpaut 10 atau 11 detik sebelum (jika akan) terjadi kecelakaan.  ADAC menyebut teknologi terbaru VW (bersertifikat TÜV) sebagai "technical milestone" pula dan  dapat dibandingkan dengan sistem lainnya seperti ABS atau airbags.

Pengembangan tahap awal pada News Golf , VW memperkenalkan teknologi Car2X aktif dalam kecepatan lebih dari 80 km/jam. Pengembangan selanjutnya diupayakan dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas di perkotaan. Adalah keuntungan besar jiba mobil dapat berkomunikasi dengan lampu lintas di dekatnya. Dengan caranya tentu lebih mampu mengendalikan arus lalu lintas dan dapat melindungi sekitar dari resiko kecelakaan.

Teknologi Car2X juga memfasilitasi kecerdasan kolektif di sekitarnya dan akan terus meningkat seiring bertambahnya pengendara lain di sekelilingnya. Untuk itulah, kini Volkswagen meluncurkannya dalam skala luas: Setelah Golf, model baru merek lain akan menampilkan teknologi sebagai penegas standar tegnologi. Diketahui, pabrikan mobil lain pun sedang mengerjakan inovasi teknologi ini.

Sampai sekarang , Volkswagen telah menerima lima kali penghargaan untuk inovasi bantuan pengendara dan sistem keselamatan. Untuk penghargaan Car2X ini membawa kinerja keselamatan mengesankan dari VW Golf baru ke produk berikutnya. Maka dari itu, Euro NCAP ingin memasukkan inovasi teknologi Car2X tersebut ke dalam peringkat di masa depan. [Asl/timBX]

Tags :

#
car2x,
#
new golf,
#
volkswagen,
#
technical milestone