MENU
icon label
image label
blacklogo

Teka-Teki Kelahiran All New CBR150R 2021

JAN 11, 2021@12:40 WIB | 463 Views

Astra Honda Motor (AHM) punya sejumlah motor yang bakal launching di awal tahun 2021. Rumor yang beredar salah satunya all new CBR150R dengan kode mesin K45R digadang-gadang punya karakter overbore. Artinya diameter piston lebih besar dibanding langkah stroke piston. Meski AHM baru memastikan besok peluncuran terbarunya, antar sport fairing atau matic sport seperti PCX 160. Intinya two wheelers enthusiast harus sabar menunggu dan merelakan varian apa sih yang bakal diluncurkan besok.

Secara bentuk fairing, kemungkinan tidak banyak berubah. Lampu DRL tipis satu tingkat diatas head lamp yang sudah LED, meski beredar isu bahwa headlamp dibikin sama dengan CBR250RR, entah ini sebuah lompatan desain atau kemunduran. Kalau merujuk yang sudah dilaunching di Thailand, hanya sedikit perubahan. Namun bila AHM berani melawan arus pakai fairing yang lebih berani seperti yang banyak beredar dari gambar render di media sosial. Dan kemungkinan lampu sein sudah terintegrasi dengan lampu DRL.

Suspensi depan kemungkinan sudah menggunakan upsidedown (USD). Jika itu terjadi, kemungkinan bakal menggunakan diameter 37mm yang mirip dengan Honda CRF150L. Namun tipe USD yang digunakan bukan USD biasa, melainkan tipe SFF (Separate Function Fork) yang sudah digunakan oleh CBR250RR. Fungsionalnya cukup  mendukung untuk highspeed, namun obstacle punya rebound yang lembut. Jika USD SFF digunakan, pasti akan menambah persaingan sport fairing 150cc di tanah air. Kalau ini yang terjadi, tentu cukup berbeda dengan yang beredar di Thailand yang hanya new paint schemes.

Cover tangki dibuat lebih dramatis, dengan lekukan muscle yang ekstrim ala Honda. Sistemnya tetap menggunakan kondom dengan garis desain baru.  

Sementara sektor triple clamp tidak didesain sama dengan sebelumnya. Teknik cetak CNC sudah diberikan lubang yang asimetris, dan stangnya masih mempertahankan pola Upper York, seperti generasi sebelumnya. Tentu lebih nyaman saat riding jarak jauh, seperti gen sport touring.

Jika All New CBR150R masih menggunakan crankcase mesin yang sama, berkubikasi 149cc, besar kemungkinan beberapa penyempurnaan bagian internal mesin juga dilakukan, terutama untuk menghasilkan kompresi mesin jauh lebih tinggi. Hal ini dilakukan sebelumnya pada Honda CBR250RR SP/QS yang punya kompresi lebih baik, stang seher lebih ergonomis dan piston yang lebih pipih namun lebih berat. Jadi mesin K45R diharapkan two wheelers enthusiast lebih bertenaga dibanding CBR150R sebelumnya. 

Terakhir bagian stop lamp diramalkan banyak kemiripipan dengan CBR250RR. Swingarm, ukuran ban masih sama dengan  model sebelumnya, speedometer yang masih sama dan frame yang masih sama. Bagaimana dengan kenyataannya, besok Astra Honda Motor bakal melaunching varian terbarunya. Kita tunggu saja BlackPals.[Ahs/timBX]

Tags :

#
astra honda motor,
#
all new cbr150r,
#
sport fairing,
#
two wheelers