MENU
icon label
image label
blacklogo

Tangguh Bergaya Retro dengan Yamaha XSR900

NOV 04, 2021@13:00 WIB | 274 Views

Untuk Anda yang menginginkan gaya retro dengan polesan dan spesifikasi terkini, model dari Yamaha dapat jadi pilihan yang tepat.

Mengikuti roadster MT-09 2021 yang sepenuhnya telah direvisi, produsen Jepang tersebut merilis Yamaha XSR900. Sebagai pengembangan dari saudaranya, Yamaha XSR900 memiliki tenaga yang lebih besar dan tampak lebih keren. Motor dibangun dengan sasis yang lebih ringan, namun jauh lebih kuat dan lebih baik.

Perubahan gaya bertema 1980-an yang baru, three-pot yang punchy dan menyenangkan, turut melengkapi penampilan Yamaha XSR900. Perombakan tersebut merupakan revisi besar pertama dari varian XSR sejak pertama kali diperkenalkan sebagai alternatif retro untuk MT-09 tahun 2016. Tetapi dengan MT-09 menerima perombakan besar-besaran tahun lalu untuk mematuhi Euro5, tidak dapat dihindari bahwa XSR akan mengikutinya.

Baca juga: Tampil Beda, Yamaha Brazil Rilis MT-03 Edisi Iron Man

Tripel transversal 899cc yang sekarang juga diperbesar dari MT-09, dengan Yamaha XSR900 menjanjikan peningkatan daya 4bhp yang sama. Angka puncaknya sekarang mencapai 119bhp, bersama dengan knalpot baru yang lebih menggugah.

Rem menampilkan silinder master radial Brembo baru, dengan garpu KYB terbalik berwarna emas yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Ditambah dengan roda cor spin-forged baru yang bobotnya 700g lebih ringan dari sebelumnya.

Keringanan ekstra ini dikombinasikan dengan rangka baru, mesin, dan dimensi yang lebih kaku dan lebih ramping. Semua ini menjanjikan penanganan Yamaha XSR900 secara signifikan lebih responsif dan gesit.

Perangkat elektronik yang ditingkatkan hadir melalui IMU enam sumbu baru yang membantu tranksi sensitif ramping tiga arah dan kontrol geser plus ABS anti-roda dan menikung. Ada juga quickshifter standar plus dari tiga mode berkendara sekarang menjadi emat mode. Semuanya dikendalikan melalui dasbor TFT 3,5 inci warna yang baru.

Baca juga: Penyegaran Warna dan Grafis Baru Yamaha FreeGo 2021

Ada juga tangki bahan bakar 15 liter baru yang terinspirasi oleh mesin GP Yamaha era 80-an, lengkap dengan intake udara depan dan pengisi gaya balap. Panel sampingnya dibuat minimalis berventilasi dan joknya lebih lonjong. Sedangkan pilihan warna biru/kuning ini mengacu pada livery pembalap 80-an Christian Sarron. Namun tenang, warna lainnya juga tersedia dalam pilihan hitam dan merah.

Hingga saat ini, perusahaan belum membocorkan label harga untuk Yamaha XSR900. Meski demikian, And tak perlu menunggu terlalu lama karena motor kece ini diperkirakan meluncur pada Februari 2022 mendatang.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
yamaha,
#
motor yamaha,
#
review motor yamaha,
#
yamaha xsr900,
#
yamaha xsr900 bergaya retro