MENU
icon label
image label
blacklogo

Tajam dan Minimalis, Ini Penampakan Kustom Rumahan Honda CBR900RR

NOV 27, 2020@10:00 WIB | 385 Views

Pekerjaan proyek setelah jam kerja biasanya dilaksanakan dengan sedikit uang, tetapi membutuhkan banyak waktu. Dan hal itu tidak mudah dan jangan diremehkan karena hal itu juga bisa memicu kreativitas dan kecerdikan dalam menciptakan sesuatu yang unik. Sebagai contoh, motor kustom Honda CBR900RR hasil cipta bengkel rumahan Leo Poulsen ini.

Cafe racer rumahan ini nampak tajam dan minimalis, serta memiliki nilai tertinggi. Dengan menggunakan Honda CBR900RR Fireblade 1996 yang rusak sebagai donor (rangka dasar), dan Leo Poulsen yang membangunnya dengan perpaduan bagian-bagian yang sangat jenius. Ini juga bangunan (kustom) pertama dari garasi rumahnya.

Leo memulai karirnya sebagai mekanik mobil pada masa itu, sebelum bekerja sebagai mekanik sepeda motor, dan kemudian menjadi bos bengkel. Sekarang dia mewariskan keahliannya ke generasi berikutnya di perguruan tinggi teknik, sambil bersepeda di malam hari, di garasi rumahnya seluas 30 meter persegi di Jutland, Denmark.

Fireblade tahun 1990-an bukanlah donor yang mungkin untuk motor cafe racer, tetapi Leo menganggap prinsipnya sama. “Inilah sudut pandang saya tentang sebuah cafe racer modern,” jelasnya, “mencoba untuk setia pada semangat cafe racer asli tahun enam puluhan. Membuat sepeda stok lebih ringan, lebih cepat, dan tentu saja tampak keren serta dengan anggaran yang masuk akal. “Tujuan dari proyek ini adalah membuat motor dapat digunakan untuk perjalanan sehari-hari, dan masih mampu melakukan waktu putaran yang layak pada hari trek yang sesekali.”

Sebagian besar bagian kustom ini adalah barang bekas dari motor lain, yang telah diperbaharui atau dimodifikasi. Pekerjaan cat dan beberapa peningkatan suspensi dilakukan oleh pihak luar — tetapi sisanya dilakukan oleh Leo, atau dengan bantuan dari teman-teman yang memiliki akses ke hal-hal seperti pemotongan laser dan pelapisan bubuk. Ini ditambah banyak suku cadang Öhlins, bushing Teflon, dan pegas gesekan rendah. Shock belakang adalah unit Öhlins dari Aprilia RSV Mille, di-sprung dan di-katup ulang agar sesuai dengan motor, dan peredam kemudi-nya dari Kawasaki Ninja ZX-6RR.

Velg kustom motor ini adalah unit magnesium Marvic dengan latar belakang yang menarik. “Saya membelinya dari seorang pria, yang membelinya dari seorang pria, yang seharusnya membalapnya dengan VTR1000 SP di Pulau Man,” kata Leo. “Tapi ternyata dia tidak melakukannya, karena mereka tidak cocok dengan VTR-nya dan itu membawanya ke saya.”

Kemudian Leo memperbarui kaliper rem stok dan menambahkan EBC Vee-Rotors dan jalinan tali baja tahan karat dari Goodridge serta menambahkan kontrol rem dan kopling Accossato, set belakang Walter Moto, dan braket satu kali untuk reservoir cairan. Dan semua spacer dan bushing untuk saluran rem telah dipotong dari tabung serat karbon.

Di depan terdapat lampu depan Ducati Monster 1200 bekas yang bersumber dari eBay, lengkap dengan lampu LED daytime running light. Ini dipasang pada braket potong laser yang juga menahan tachometer Motogadget, dan kuk atas sepeda telah dimesinkan sehingga semuanya terintegrasi dengan rapi.

Upgrade kokpit lainnya termasuk clip-on TRW, yang dikawinkan dengan sinyal belok dan cermin ujung bar Motogadget. Leo memasang kembali motornya di sekitar pengontrol biru Motogadget mo.unit, dan mengemas semua bagian penting dalam kotak yang dibuat khusus di atas bak mesin. Itu membuatnya merampingkan sakelar menjadi satu kluster Motone tiga tombol.

Tangki bahan bakar Fireblade selamat dari tabrakan yang semula membuatnya tidak bisa lagi digunakan, tetapi sisa bodywork hilang. Di belakang, Leo mengambil tailpiece serat karbon untuk Norton Dominator SS, dari Zero Limits Carbon. Itu diselesaikan dengan bantalan balap timbul, dan diletakkan di subframe aluminium yang dibuat khusus.

Dengan tenaga 130 hp dan keandalan Honda yang terkenal, Leo meninggalkan motornya sendiri. Itu hanya diperiksa, diservis, dikeringkan dengan es, dan kemudian ditingkatkan dengan kit shift gearbox Factory Pro Evo. Itu tidak dicat ulang; tindakan yang disengaja untuk mempertahankan ukuran patina, dan membiarkan mesin mendingin sendiri "seperti yang dimaksudkan oleh Honda".

Sistem knalpot adalah kombinasi dari header balap yang ada di motor saat Leo mendapatkannya, dan knalpot titanium dan karbon dari Yamaha R6. Header dalam keadaan buruk, sehingga kaca pecah, dipoles dan kemudian diampelas kembali ke hasil akhir aslinya. Pegas baru dan braket buatan tangan menyatukan semuanya.

Leo tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat, dan Honda penuh dengan spacer dan bushing khusus, perangkat keras yang ditingkatkan, bearing, dan seal baru. Lapisan cat baru dilengkapi dengan powder coating semi-gloss pada rangka, subframe, dan swingarm.

Kustom Honda ini direncanakan sebagai replika Yoshimura AMA Superbike dengan tujuan yang sama seperti pada Fireblade: membuatnya lebih ringan, lebih cepat dan terlihat lebih keren daripada stok. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda cbr900rr,
#
motor custom,
#
kustomisasi motor,
#
custom honda cbr900rr,
#
cafe racer,
#
honda cbr900rr fireblade 1996