MENU
icon label
image label
blacklogo

Tahap Akhir Produksi Aston Martin DB5 James Bond, Ini Penampakannya

MAY 28, 2020@19:00 WIB | 115 Views

Menyandang julukan 'mobil termasyhur di dunia', Aston Martin model DB5 'Goldfinger' yang kembali diproduksi dengan 'gadget' khas 007 diumumkan sudah hampir selesai dikerjakan. Bukan hal aneh bila DB5 yang terkenal sebagai salah satu model Aston Martin klasik yang paling diminati ini menjadi buah bibir di kalangan pecinta mobil sport dengan gaya 'abadi'.

Proyek yang merupakan kelanjutan dari proyek serupa dengan DB4 GT yang sukses di pasaran ini tentu menjadi kabar gembira bagi para penggemar James Bond. Di mana, DB5 memiliki sejarah erat dengan film 'Gpldfinger' (1964) yang dibintangi oleh James Bond tersebut. Walau terbilang menggembirakan, DB5 ini diproduksi secara terbatas, yakni hanya 25 unit.

Bekerja sama dengan produser film James Bond, EON Productions, pengerjaan DB5 edisi Goldfinger ini di basis manufaktur Aston Martin Works di Newport Pagnell, Buckinghamshire sudah masuk pada tahap akhir penyelesaian. Proyek terbaru pabrikan eksotis Inggris ini per unit dibanderol £ 2,75 juta, belum termasuk pajak. Model DB5 baru ini disebut-sebut mewakili deretan mobil-mobil mewah terbaru pabrikan Inggris di pasar global.

Model baru yang dibangun ini tidak 100 persen sama persis seperti mobil di film ‘Goldfinger’ (1964) yang ketika itu dibintangi Sean Connery. Tapi Aston Martin menekankan DB5 James Bond ini dibangun seotentik mungkin. Tentu saja ada beberapa bagian yang dimodifikasi untuk menambahkan kualitas dan reliabilitas mobil. Di mana proses konstruksinya, yang memakan waktu sekitar 4.500 jam per mobil ini sedang dikerjakan oleh Aston Martin Works di Newport Pagnell, yang merupakan ‘rumah asli’ dari DB5.

Aston Martin menegaskan, masing-masing dari 25 mobil baru sedang dibangun dengan kualitas setinggi mungkin menggunakan perpaduan pengerjaan gaya lama era Sir David Brown, dengan aplikasi simpatik dari kemajuan teknik modern dan peningkatan kinerja, di samping integrasi gadget canggih yang dikembangkan bersama-sama dengan Chris Corbould OBE, sang ahli special effects film James Bond.

Yang pasti, warna bodi DB5 James Bond masih mempertahankan tampilan asli yakni dengan membubuhkan cat berwana ‘Silver Birch’ di bagian eksterior. Masuk kebagian interior, DB5 James Bond dilengkapi dengan gadget khusus yang memiliki fungsi serupa seperti ditampilkan dalam film layar lebar yang hit di tahun 1964 itu.

Produksi 25 unit terbaru ini merupakan reproduksi dari DB5 secara otentik dan detail sebagai nampak dalam film dengan beberapa modifikasi dan peningkatan tampilan untuk memastikan tingkat kualitas dan keandalan tertinggi mobil tersebut.

Seluruh 25 unit DB5 pun dibangun dengan satu spesifikasi yang sama. Seperti aslinya, DB5 James Bond akan ditenagai mesin enam silinder 4.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 282 hp dan torsi puncak 379 Nm. Dengan tenaga sebesar itu memungkinkan mobil berakselerasi dari 0- 96 km/jam dalam 7,1 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 238 km/jam.

Ditegaskan dalam keterangan resminya bahwa, pengiriman pertama DB5 Goldfinger kepada para pelanggan akan dimulai pada paruh kedua tahun 2020. [asl/timBX]

Tags :

#
aston martin,
#
db5 james bond,
#
spesifikasi db5 james bond