MENU
icon label
image label
blacklogo

T 50 Supercar Paling Ringan dan Bertenaga Karya Gordon Murray Automotive

MAR 30, 2020@20:00 WIB | 552 Views

Gordon Murray T.50 diklaim menjadi salah satu supercar paling aneh dan paling mempesona di awal peluncurannya. Dengan berat kosong hanya 980kg, sektor interiornya didesain ala kokpit Formula 1, seperti yang diterapkan tim McLaren. Satu kokpit untuk driver dan 2 tempat duduk lainnya di samping kiri dan kanan. Ditambahkan fan bertenaga dengan diameter 40 cm dibawah mesin, mampu memberikan dorongan downforce, dan menghilangkan udara saat berakselerasi kencang.

Secara legitimasi, T.50 diklaim sebagai bagian kecil dari mobil produksi dengan aerodimika yang paling advance. Bahkan Aston Martin Valkyrie sendiri menguntit gerungan mesin T.50 yang mampu berkerja di putaran mesin tinggi 12.100 rpm.

Sektor mesin menggunakan Cosworth V12 berkubikasi 3.9 liter, naturally aspirated, bakal memangku sebagai mobil dengan mesin V12 dengan power tertinggi, paling ringan dan paling cepat sebagai mobil produksi. Tenaganya menghasilkan 650 hp, dan mampu memacu putaran mesin di kisaran 12,100 rpm yang belum pernah dicapai pabrikan lain. Kecuali Valkyrie yang sudah mencapai diatas 10.000 rpm, namun T.50 bakal menjadi yang paling menegangkan sepertinya.

Selain itu ada dorongan tenaga hingga 30 hp, sebuah extra power yang memboost saat ram air bekerja mendorong kecepatan tinggi. Terlebih saat generator difungsikan menambah tenaga saat putaran mesin atas. Hasilnya secara keseluruhan menghasilkan tenaga 700 hp.

Pihak internal dari Gordon Murray memprediksi bakal meluncurkan T.50  di bulan Mei 2020. Itu jika tidak terganggu oleh virus Corona. Untuk sementara tim dari Cosworth telah menguji mesin tersebut di atas dyno termasuk uji mesin 3 silinder  putaran awal dan dalam menguji emisi bahan bakarnya.

T.50 terinspirasi oleh 50 tahun industri Formula Satu dan serta teknik desain dalam industri otomotif. Hanya 100 unit pemilik yang bisa memiliki supercar eksklusif Murray. T.50 tidak hanya sangat nyaman, aman dan praktis - tetapi sebuah karya teknik seni, dirancang dengan kemurnian di setiap komponen dan driver pada intinya.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
gordon murray,
#
t.50,
#
supercar v12