MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki Terjemahkan Arti Retro Dengan SV650X

SEP 25, 2017@17:00 WIB | 609 Views

Suzuki Motor Corporation akan membuka selubung SV650X di Tokyo Motor Show tahun ini - yang berlangsung dari 27 Oktober hingga 5 November mendatang – melalui sebuah evolusi konsep Rally SV650. Konsep aslinya dirancang untuk memberi penghormatan kepada mobil rally dan sepeda dari tahun 1970an. Desain 'Neo-retro' pada SV650X mendapatkan setelan fairing minimalis dan kaca depan berwarna, lampu kabut, setang jepit, dengan tuck-roll melengkapi tampilannya.

Mesin Suzuki SV650X menawarkan 60 perubahan pada mesin V-twin  dan penyempurnaan pada 70 komponen sasis baru, sehingga meningkatkan kekuatan motor dan memangkas bobot sebanyak 8 kilogram ketimbang SFV650 standar. Salah satu bagian yang baru adalah piston yang dirancang khusus lebih kaku dan berbobot ringan serta ring piston baru yang dilapis resin agar lebih rendah gesekan. Kemudian pada sektor kepala silinder, SV650 sudah mengusung pengapian dual-spark. Dengan dukungan teknologi Suzuki Dual Throttle Valve dengan injektor bahan bakar 10 lubang.

Sistim easy-start Suzuki, yang memulai debutnya pada GSX-S1000, berarti cukup dengan satu sentuhan pada tombol start untuk menyalakan mesin V-twin yang menggema, dan fitur RPM assist menjaga agar mesin tidak mati saat dipacu seketika tanpa harus memainkan kopling.

Sasis Suzuki SV650X juga dirancang ulang dengan 70 bagian baru yang direvisi. Hasilnya kini motor ini lebih ramping dan lebih ringan dari pendahulunya sekitar 6,8 kg. Agar maksimal, untuk sektor pengereman, motor ini dibekali piringan rem berdiameter 290 mm di depan dan 240 mm belakang lengkap beserta perangkat ABS.

Pabrikan Jepang ini akan menilai reaksi pasar dan input balik pelanggan sebelum mengkonfirmasikan untuk rencana produksi massal. General Manager Suzuki Eropa, Paul de Lusignan, berkomentar, "Konsep Rally SV650 menghasilkan banyak minat pada pameran tahun lalu, dengan mesin bergaya retro yang terbukti sangat populer di kalangan bikers. SV650X adalah evolusi konsep itu, dan menunjukkan bagaimana hal itu akan diterjemahkan ke jalur produksi. Saat ini kami belum bisa memastikan jadwal produksi. Kami akan menilai reaksi SV650X sebelum memutuskan rencana tersebut." [bil/timBX]

Tags :

#
suzuki sv650x,
#
suzuki,
#
blackauto,
#
autonews