MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki Stop Produksi Mobil Di Thailand, Ini Alasannya

JUN 10, 2024@12:00 WIB | 331 Views

Suzuki Motor Corporation akhirnya memutuskan untuk menutup pabrik pabrik dan menghentikan produksi mobil mereka di Thailand. Ada beberapa alasan yang membuat Suzuki memutuskan menghentikan produksi mobil mereka di negeri Gajah Putih tersebut.

Dalam rilis resmi Suzuki, disebutkan pabrik Suzuki Motor Thailand akan berhenti produksi di akhir tahun 2025 mendatang. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa pertimbangan dan diskusi dengan pihak Suzuki Motor Corporation.

Disebutkan, Suzuki melakukan peninjauan kembali pada struktur pemasaran Suzuki Global. Disebutkan, pabrikan asal Jepang ini akan menata ulang skema produksi mobil yang ada di luar Jepang untuk membuat stabilitas ditengah persaingan pasar otomotif Global yang semakin ketat.

Suzuki sendiri sejatinya sudah memproduksi mobil mereka di Thailand sejak tahun 2012 silam. Setiap tahunnya, pabrik Suzuki Thailand memproduksi sekitar 60 ribuan unit baik untuk pasar domestik Thailand maupun ekspor ke luar negeri.

Beberapa mobil Suzuki yang diproduksi di Thailand merupakan produk yang masuk ke skema Eco Car atau setara LCGC di Indonesia. Diantaranya seperti Ciaz, Celerio, dan Swift yang punya dimensi compact dan mesin yang tergolong kecil dan efisien.

Meski sudah menutup pabrik mereka di sana, Suzuki tetap akan menjual produk terbaru mereka di Thailand-nya. Nantinya mobil-mobil Suzuki yang dijual di Thailand akan dirakit baik di Jepang, India, dan Indonesia yang menjadi basis mayoritas produk utama mereka.

Sama seperti di negara lainnya, Suzuki di Thailand juga akan mulai banyak menghadirkan mobil dengan orientasi ramah lingkungan. Mulai dari teknologi Mild Hybrid hingga Full Hybrid bakal dihadirkan Suzuki di negara Gajah Putih tersebut. [edo/timBX]

Tags :

#
suzuki,
#
produksi,
#
mobil,
#
thailand

X