MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza: Pilihan yang Bijak

DEC 23, 2020@10:00 WIB | 361 Views

Bagi pembeli mobil yang mencari mobil keluarga dengan harga terjangkau tetapi tidak menyukai sedan dan tidak memiliki budget yang cukup untuk SUV menengah, segmen MPV adalah pilihan yang baik. Kebanyakan MPV sangat praktis untuk penggunaan sehari-hari; serbaguna dalam menangani kargo dan penumpang dan ditawarkan dengan label harga yang relatif terjangkau.

Jika Anda bingung atau kewalahan dengan keseluruhan pilihan yang tersedia, izinkan redaksi membantu Anda

 dengan memilih di antara dua kendaraan yang paling banyak dicari untuk kategori MPV — Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Di bawah ini adalah perbandingan langsung model andalan Ertiga dan Avanza dalam hal spesifikasi, dimensi, fitur, keselamatan, dan harga yang terjangkau.

Dimensi

Dari segi ukurannya, Suzuki Ertiga lebih panjang 195 mm, lebih lebar 35 mm, tapi lebih pendek 10 mm dibanding Toyota Avanza. Dimensi Ertiga yang lebih panjang membuat jarak sumbu roda yang lebih panjang, jadi diharapkan baik Ertiga dan Avanza memiliki ruang kaki yang hampir sama. Namun, penumpang mungkin merasa tempat duduk lebih nyaman dan tidak terlalu sempit di Ertiga karena ukurannya yang lebih lebar. Avanza menebusnya dengan memiliki atap yang lebih tinggi sehingga penumpang tidak akan merasa sesak.

Meski begitu, dimensi mid dan base trim model Avanza lebih pendek 10 mm pada 4.190 mm dibandingkan dengan Veloz andalannya. Untuk Ertiga, semua model memiliki dimensi yang sama. Dan mengingat jarak sumbu roda yang dimilikinya, model dasar atau mid-trim Avanza akan memiliki ruang kaki yang lebih pendek.

Eksterior

Eksterior Ertiga menonjolkan garis bahu yang dinamis dan lekukan yang lebih dalam untuk menonjolkan karakternya yang kokoh. Suzuki Ertiga menampilkan lampu depan bergaya tanpa DRL, lampu belakang kombinasi LED, lampu stop LED yang dipasang tinggi, kaca spion samping lipat untuk kenyamanan, dan pengendaraan satu set velg 15 inci. Avanza, sebaliknya, tampil lebih berani dengan desain fascia ulangnya, desain belakang lebih sporty, lampu depan LED tipe split juga tanpa DRL, spion samping dengan sein terintegrasi, dan shark fin yang tidak dimiliki Ertiga. Avanza juga menggunakan satu set velg berukuran 15 inci.

Interior

Di dalam kabin Ertiga mungkin terdapat monitor yang lebih besar tetapi hanya dapat melakukan banyak hal seperti memutar dari file multimedia, navigasi offline, dan memutar musik. Ini juga dilengkapi dengan ventilasi AC untuk baris kedua dan ketiga untuk kenyamanan maksimal. Bahkan cup holders memiliki ventilasi agar minuman dingin Anda tidak menjadi hangat. Ada port USB di konsol tengah dan soket aksesori 12V di panel instrumen dan baris kedua. Cubbies tersebar di baris pertama, kedua, dan ketiga untuk menyimpan botol, gadget, dan barang kecil lainnya.

Untuk kenyamanan interior, Avanza memiliki nuansa yang sangat modern dengan dasbornya yang ramping tanpa tombol yang besar. Sebagai gantinya, spesifikasi Avanza terdiri dari roda kemudi multifungsi, tampilan digital untuk AC, dan layar panel sentuh 6,8 inci dengan T-Link sehingga Anda dapat melakukan mirroring smartphone.

Namun, konektor aksesori hanya hadir dalam 12V dan tidak memiliki port USB yang cukup downer karena Anda harus membeli aksesori tambahan untuk mengisi daya gadget Anda. Plus, slot CD tidak tersedia karena diyakini diperlukan, karena jujur saja, siapa yang masih menggunakan CD saat Anda memiliki layanan Bluetooth dan streaming musik?

Spesifikasi

Semua model Suzuki Ertiga didukung oleh K15B 4-silinder DOHC 16-katup dengan mesin bensin VVT dengan model mid-trim— GL memiliki pilihan transmisi manual atau otomatis. Basis Ertiga GA hanya hadir dalam transmisi manual 5 kecepatan. Trim atas Toyota Avanza Veloz dan model 1,5 G ditenagai oleh 2NR-VE 4-silinder, 16-katup DOHC in-line, penggerak rantai dengan mesin VVT-I ganda dengan 1,5 G tersedia baik dalam 4-percepatan AT dan MT 5 kecepatan. The 1.3 E dan 1.3 J Model Avanza didukung oleh mesin 1NR-VE yang menghasilkan tenaga 95 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 121 Nm pada 4.200 rpm. Meskipun 1.3 E juga tersedia dalam opsi AT dan MT, basis Avanza 1.3 J hanya tersedia dalam transmisi manual dan jok hanya lima orang.

Keamanan

Karena kisaran harga Ertiga dan Avanza yang terjangkau dibandingkan dengan crossover lain, tidak banyak fitur keselamatan dan bantuan pengemudi. Meskipun kedua MPV ini dilengkapi cukup untuk mengangkut penumpang dengan aman dan membantu pengemudi saat menavigasi jalan atau memarkir kendaraan. Namun antara Ertiga dan Avanza, crossover Suzuki ini mengunggulkan fitur keselamatan putaran, hands down, untuk rem assist, sensor parkir, dan kamera mundur.

Ringkasan

Jika Anda menginginkan MPV 7 tempat duduk dengan harga terjangkau yang tidak akan merusak bank, Suzuki Ertiga adalah pilihan yang baik. Ia memiliki sejumlah fitur keselamatan dan bantuan pengemudi yang layak, memiliki lebih banyak fitur konektivitas, dan sistem AC-nya bahkan dilengkapi dengan filter serbuk sari. Namun jika Anda tidak membeli model andalannya, Avanza akan memberikan nuansa kabin yang lebih baik karena ruang kepala yang lebih tinggi dan ruang kaki yang lapang. Ditambah dukungan after service seperti perbaikan dan ketersediaan suku cadang secara nasional menjadikan Toyota masih menjadi pilihan utama konsumen Indonesia. [ibd/timBX]

Tags :

#
suzuki ertiga vs toyota avanza,
#
suzuki ertiga,
#
toyota avanza,
#
suv,
#
mpv