MENU
icon label
image label
blacklogo

Suzuki DR 800 S Big 1991 Berubah Sangar di “Unik Edition”

APR 10, 2021@16:00 WIB | 248 Views

Merombak motor memang jadi salah satu pekerjaan yang tiada habisnya. Mengubahnya dari versi standar menjadi sesuatu yang berbeda, pada akhirnya akan jadi kebanggaan tersendiri bagi sang pemilik. Namun siapa sangka, bengkel Unik Edition di Moscavide yang didirikan Tiago Gonçalves dan Luis Gonçalves mendapat tugas untuk mempreteli Suzuki DR 800 S Big.

Suzuki DR 800 S Big sendiri adalah jenis sepeda motor yang tidak akan pernah didesain oleh siapa pun saat ini. Itu adalah thumper dengan motor silinder tunggal 779 cc, suspensi long-travel, roda depan besar dan gaya reli. Motor ini mungkin terdengar sedikit konyol, tetapi juga keren pada saat yang sama.

Proyek ini bermula ketika pemilik Suzuki DR 800 S Big 1991 datang ke bengkel Tiago Gonçalves dan Luis Gonçalves. Motor tua dengan tampilan sedikit berkarat ini datang dengan keinginan untuk berubah jadi sesuatu yang keren.

“Seorang pelanggan memiliki DR 800 asli namun berkarat, dan mengatakan bahwa dia menginginkan sesuatu yang keren. Jadi saya berkata mengapa tidak melakukan sesuatu yang lebih artistik?”, jelas Tiago.

Tiago, Luis dan tim pun mulai bekerja dengan melepaskan cangkang DR Big. Sebagai pengganti paruh kuda-kuda dan tangki berkontur, diberikanlah satu set bodywork pick-and-mix yang benar-benar baru. Unik Edition memodifikasi dan memasang tangki bahan bakar dari model Suzuki GN lawas, dan memasangkannya dengan jok kulit custom. Subframe di bawah ini telah dipendekkan dan dilingkarkan, dan sisi-sisinya diselesaikan dengan satu set penutup samping buatan tangan.

Di bagian belakang, Suzuki DR 800 S Big ini berubah jadi sangat rapi. Motor memakai spatbor pendek di kedua ujungnya dan dilengkapi dengan lampu belakang enduro, serta braket pelat nomor khusus yang juga menahan sinyal belok.

Tim meninggalkan suspensi dan rem DR, tetapi membangun kembali roda 21F / 17R. Pelek telah dilapisi bubuk hitam dan diikat dengan jari-jari baja tahan karat. Menariknya, ban sekarang memakai karet baruMetzeler Karoo di depan, dan Mitas E-09 di belakang.

Salah satu perubahan besar adalah sistem pembuangan baru DR Big. Unik Edition memasang sepasang muffler Arrow. Beralih ke bagian depan, Unik mengimpor lampu depan Marchal klasik dari Jepang dan memasangnya kembali ke rumah Honda, yang dipasang di braket siap pakai.

Lebih jauh ke belakang, setang dan grip Renthal dikawinkan dengan rem Brembo dan kontrol kopling Domino. Saklar adalah stok Suzuki, tetapi spion batang panjang tradisional sebenarnya adalah bagian LSL. Adapun speedo adalah unit Daytona yang terbungkus dalam selungkup khusus.

Mereka juga menambahkan sentuhan eklektik, dengan ilustrasi yang menghiasi tangki, rangka, pelindung bah, dan bahkan sambungan suspensi belakang.Efek keseluruhannya tampak unik dan menyenangkan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motor kustom,
#
motor custom,
#
suzuki dr 800 s big 1991,
#
unik edition