MENU
icon label
image label
blacklogo

SUV Listrik Audi Q4 E-Tron Ini Tampil Lebih Menjanjikan, Kenapa?

MAR 16, 2021@11:00 WIB | 684 Views

Crossover listrik compact ini mungkin terlihat kecil, tetapi di dalamnya terdapat beberapa aspirasi besar. SUV listrik compact Audi Q4 E-Tron pertama kali memulai debutnya di Geneva Motor Show 2019, dan terus terang, banyak hal telah terjadi. Namun, terlepas dari semua itu, apa yang pertama kali dilihat di Swiss tampaknya tidak banyak mengubah antara konsep dan model produksi, dan informasi baru dari Audi menunjukkan betapa pintarnya EV kecil ini.

Gaya dan fungsi berkelas

Audi beberapa waktu lalu mengeluarkan banyak informasi tentang Q4 E-Tron terbaru, termasuk eksterior produksinya yang disamarkan. Seperti yang dijanjikan kembali pada debut konsepnya, versi yang benar-benar akan mencapai showroom tidak terlihat jauh berbeda dari apa yang terlihat pada pertunjukan terakhir di Jenewa. Proporsi compactnya sedikit di sisi yang gemuk, karena jarak sumbu roda sekitar 9,1 kaki, tetapi semua ruang di antara roda itu berarti interiornya jauh lebih besar dan area kargo menawarkan ruang yang lebih besar.

Kisi-kisi untuk eksterior hanyalah sebagian kecil dari apa yang ditawarkan Audi. Sebagian besar fokus ditempatkan pada interior Q4 E-Tron. Berkat lantai beban datar dan kontrol dengan kabel untuk transmisi, konsol tengah Q4 E-Tron tidak seperti yang lain yang dibuat Audi, dengan tonjolan lebih tinggi yang berisi tombol start dan kontrol transmisi, menyisakan banyak ruang di bawahnya untuk pengisian daya perangkat nirkabel.  Port USB-C dan sepasang tempat cangkir, dengan sandaran lengan bawah tradisional yang tergantung di antara kursi juga termasuk. Berbicara tentang penyimpanan minuman, keempat panel pintu memiliki dudukan botol unik yang dipasang tinggi tepat di depan sakelar jendela untuk akses yang lebih mudah ke minuman berukuran hingga 1 liter.

Layar besar dan augmented reality

Ada banyak teknologi baru di dasbor bergaya menarik. Layar sentuh Q4 E-Tron adalah yang terbesar yang pernah dibuat perusahaan sejauh ini, berukuran sekitar 11,6 inci pada diagonal. Roda kemudi membuang switchgear fisik yang mendukung touchpads di sisi kiri dan kanan. Jadi, pengemudi cukup menggeser jari ke atas dan ke bawah pada kontrol volume untuk mengubah kenyaringan speaker. Tetapi beberapa sakelar yang sebenarnya tetap ada, banyak di antaranya diturunkan ke fungsi kontrol iklim tepat di atas pemilih gearbox. Seperti semua Audi lainnya, Virtual Cockpit menggantikan cluster gauge tradisional dengan tampilan yang dapat dikonfigurasi yang mengurangi gangguan dengan menempatkan informasi terkait di depan dan di tengah.

Jika itu tidak cukup front-and-center bagi pengemudi, ucapkan halo pada sesuatu yang benar-benar baru dan tampilan head-up augmented-reality. Selain itu, Audi mengambil satu langkah lebih jauh dan menempatkan informasi di kaca depan.

HUD dibagi menjadi dua bagian. Area tampilan head-up utama mencakup hal-hal biasa seperti kecepatan kendaraan, serta batas kecepatan dan informasi bantuan pengemudi, pada jarak yang dirasakan sekitar 10 kaki untuk pengemudi. Segmen AR dapat menunjukkan panah belok, tujuan navigasi, dan garis hijau untuk menunjukkan posisi kendaraan di depan, dan semua barang itu ditampilkan pada jarak yang dirasakan sekitar 33 kaki, sehingga pengemudi dapat dengan jelas membedakan antara kedua jenis kendaraan dari informasi dikirim dengan cara mereka.

Unit penghasil gambar yang dimasukkan ke dalam dasbor menggunakan layar LCD terang yang memproyeksikan ke dua cermin berbeda, yang memantulkan cermin cekung untuk ditampilkan di dua area kaca depan yang terpisah. Kamera, sensor radar, dan GPS memberikan data ke komputer Q4 E-Tron, yang menghitung di mana harus menempatkan objek AR dan bagaimana memposisikannya kembali jika terjadi pengereman, lubang atau kejadian lain yang dapat menyebabkan kendaraan bergerak secara tidak terduga. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
crossover listrik compact,
#
suv listrik audi q4 e-tron,
#
suv listrik,
#
audi q4 e-tron