MENU
icon label
image label
blacklogo

SUV dan Sedan Pertama Turki Sudah Bertenaga 400 HP Mild Hybrid

DEC 31, 2019@09:00 WIB | 478 Views

Tahun 2016 menjadi tahun pertama Turki mempersiapkan sebuah mobil nasional mereka.Dan akhir tahun 2019 ini diluncurkan sebuah prototype dari varian Sedan dan SUV yang siap untuk di produksi secara masal. Mereka menyematkan nama TOGG kependekan dari Turkey Automobile Joint Venture Group. 

TOGG diluncurkan pertama kali di Gebze, sebelah barat Instanbul, yang dihadiri langsung oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan dan dites langsung oleh beliau dalam test drive yang cukup singkat.

Sementara dua varian TOGG, sedan dan SUV compact telah dibekali fitur powertrain bertenaga listrik. Powertrain dari mesin standarnya menawarkan 200 hp, dan gabungan power keduanya mencapai 400 hp. Spesifikasi teknis diatas kertas mampu melahap 300 miles, dengan akselerasi 0-100 kpj mencapai 4,8 detik.

SUV ini dijadwalkan memasuki masa produksi pada 2022 dan terpaut sedikit untuk sedan. Sebuah kawasan baru didirikan di provinsi barat Barsa dan kapasitas produksi pertahunnya mencapai 175 ribu unit. Investasi yang dibutuhkan mencapai USD3,7 miliar, untuk 2 varian dan 3 model tambahan baik untuk kapasitas dalam negeri maupun ekspor lokal.

TOGG dikerjakan oleh Scientific and Technical Research Council di Turki untuk sektor engineering. Sedangkan desain dikerjasamakan ke Pininfarina Italia. Turki telah menjadi incaran produsen mobil, meski ditahun 2019 ini penjualan nasionalnya anjlok mencapai 400 ribu.  Prototype pertama Devrim diperkenalkan tahun 1961, dalam 4 varian, namun gagal sebelum produksi.[Ahs/timBX]

Tags :

#
togg,
#
turkey automobile joint venture group,
#
scientific and technical research council,
#
pininfarina,
#
turkey cars