MENU
icon label
image label
blacklogo

Supercar McLaren 765LT, Bertenaga 755hp V8 Twin Turbo

MAR 03, 2020@20:49 WIB | 555 Views

Eksistensi McLaren memang memiliki rekam jejak yang relatif singkat, namun solid untuk tetap mengeluarkan varian terbaiknya. Sementara automaker supercar lainnya mampu memproduksi basic mobil yang sama selama satu dekade, namun McLaren malah melakukan loncatan dengan model terbarunya, ini sebuah anomali.  McLaren 765 long tail (LT) adal versi panjang dari McLaren 720S.

Seperti halnya varian LT, McLaren 765LT  lebih panjang dan ringan dari versi dasarnya. Namun ekstra long pada 765 LT, dimana dimensi panjang lebih 57 mm dari 720S. Dan itu artinya bukan sedekar dimensi, melainkan performance dan tidak memerlukan ekor.

Reduksi berat juga dilakukan sebesar 176 pound, sebagai modifikasi interior yang diperluas. Eksklusivitas tergambar mulai baut velg berbahan titanium, knalpot titanium 4 saluran exhaust, jendela polikarbonat, dan cabin yang lebih leluasa. Bahan serat karbon dimaksimalkan untuk mengurangi beban, dan totalnya hanya 2709 pound atau 1228 kg.

Sektor mesin yang makin modern. Sebuah mesin v8 berkapasitas 4 liter, menggunakan twin turbocharger seperti yang digunakan versi 720S, namun menghasilkan tenaga lebih besar 755 hp dari 710hp dan torsi 590 lbft dari 568 lbft.  Tenaga yang terevisi dengan baik, didistribusikan melalui transmisi dual clutch 7 percepatan, dan tweak cukup terasa saat berakselasi.

Tenaga yang besar dikombinasi dengan suspensi pegas yang lebih kecil dan damper yang dapat diadjustable. Dan bukti nyata akselerasi menyobek kecepatan 98kpj hanya dalam 2,7 detik. Sementara kecepatan 200 km hanya dalam 7,2 detik. Semuanya tercipta dengan desain aerodinamika yang cukup maksimal.

Coba lihat bonnet depan dengan bumber ditambah splitter atas pemecah angin, desain side skirt yang baru, diffuser dan sayap aktif yang lebih besar. Modifikasi gaya long tail ini memberikan downforce lebih tinggi 25 persen dari varian 720 S.

Untuk menghentikan tenaga buasnya, sistem pengereman menggunakan rotor berbahan carbon ceramic dan dijepit dengan kaliper milik McLaren Senna khusus sirkuit. Tak cukup itu, tambahan cooling duct gaya formula satu mengurangi efek panas. Sementara velg 10 palang dipadukan dengan karet Pirelli P Zero Trofeo Rs.

Mclaren mengganti beberapa elemen dasbor dan konsol tengah dengan unit serat karbon yang lebih ringan. Begitu juga dengan sistem Audio dan kontrol AC yang dihapus, namun dengan paket yang kembali bisa dipesan khusus.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
mclaren,
#
supecar,
#
mclaren 765lt,
#
mclaren 720s