MENU
icon label
image label
blacklogo

Supercar Hybrid McLaren Artura Hadir dengan Chip Tertanam

FEB 21, 2021@08:00 WIB | 160 Views

Dalam sebuah langkah yang menyoroti elektrifikasi dunia supercar, McLaren hari ini mengungkapkan Artura baru yang berani, supercar hibrida produksi seri pertama yang dikemas dengan teknologi canggih. McLaren menyebutnya hybrid performa tinggi dan dengan alasan yang bagus.

Setelah memperoleh pengalaman ekstensif dalam powertrain hybrid melalui produksi terbatas P1 dan program Speedtail serta keterlibatan Formula Satu selama dekade terakhir, Artura akan didukung oleh mesin V6 3.0 liter twin-turbocharged baru dengan E-motor 'plug-in hybrid' dan paket energi yang memompa output gabungan 671-hp dan torsi 530 lb-ft melalui gearbox dual-clutch 8-percepatan. Ia juga akan mampu melaju hingga 30 km dengan tenaga listrik saja.

Artura dua tempat duduk akan mengubah desain dan produksi di McLaren. Pada dasarnya semuanya baru, mulai dari bodi hingga bak serat karbon hingga powertrain hybrid plug-in hingga suspensi hingga interior. Selain mendapatkan bodi baru, ia menggunakan McLaren Carbon Lightweight Architecture (MCLA) baru yang mengimbangi bobot tambahan baterai dan motor. MCLA terdiri dari tiga elemen: struktur monocoque serat karbon baru, sasis baru dengan balok tabrakan aluminium dan subframe belakang, dan arsitektur listrik ethernet berbasis domain yang pertama ke pasar.

“Misi kami adalah memberikan penampilan, ketangkasan, dan performa yang memukau, serta mendapatkan faktor kesenangan dan keterlibatan yang belum pernah Anda lihat sebelumnya dalam mode campuran. Sejujurnya, kami selalu bersahaja dalam hal ini, tapi saya tidak akan berada di sini. Artura benar-benar sensasional dan benar-benar memenuhi misinya dan saya pikir ini akan menetapkan standar baru untuk mobil hybrid berperforma tinggi, ”kata direktur desain, Rob Melville.

“Tantangan terbesar adalah di sekitar V6 di mana Anda memiliki turbo yang disetel dalam V. Untuk melawan suhu yang sangat tinggi dari mesin, kami menambahkan apa yang secara harfiah merupakan cerobong asap yang keluar dari mesin dan naik dan keluar ke dek belakang untuk secara efisien membuang semua gas panas, ”tambah Melville.

Seperti yang Anda harapkan dari sebuah supercar, kompartemen pengemudi adalah kokpit yang lebih fokus pada pilot daripada sebelumnya. Untuk meningkatkan perasaan itu, cluster instrumen digital telah dipasang pada kolom kemudi yang memungkinkan pengemudi untuk mempertahankan visibilitas binnacle yang sempurna apa pun pengaturannya. Untuk menghilangkan kekacauan dan memungkinkan pengemudi untuk fokus pada pekerjaannya, tidak ada kontrol yang dipasang pada roda kemudi. Dengan semua kontrol berpusat pada binnacle, Central Infotainment Screen beresolusi tinggi 8 inci yang dipasang secara vertikal memiliki bagian tengah facia secara virtual untuk dirinya sendiri. Sebagai hub utama untuk fungsi kenyamanan kendaraan, kenyamanan dan konektivitas, layar menampilkan audio, media, navigasi dan fitur kemudahan lainnya, dengan semua aplikasi utama hanya dengan satu atau dua ketukan dalam gaya operasi yang sama seperti smartphone.

“Saya pikir Anda akan terkejut dengan kualitas kendaranya,” kata Direktur Jalur Kendaraan, Darren Goddard. “Mobil memiliki kontrol platform yang sangat seimbang dan bagus. Tentunya saat Anda berganti melalui mode olahraga dan trek, Anda mendapatkan peningkatan tingkat redaman dan presisi kemudi, tetapi kualitas kendaranya luar biasa. Kami juga telah sepenuhnya mendesain ulang sasis dengan memperkuat semua titik attachment suspensi belakang. Ini membantu memberikan pengendaraan dan penanganan yang lebih baik. Di mana Anda akan melihat mode baru ada di kontrol powertrain di mana kami telah menambahkan mode khusus listrik, "jelas Goddard. Dengan kapasitas energi yang dapat digunakan sebesar 7,4kWh, McLaren mengklaim Artura memiliki jangkauan listrik hanya 30 km.

Sebagai bagian dari sistem Pirelli Cyber ​​Tire yang baru, 'chip' elektronik khusus disematkan di setiap ban untuk memantau suhu waktu nyata dan fluktuasi tekanan, "memungkinkan pengemudi menyetel ban ke tingkat yang disarankan untuk mengoptimalkan kinerja." Bekerja bersama dengan karet grippy, pengaturan rem bersumber Brembo menggunakan desain monoblok 6-piston di bagian depan dan 4-piston di bagian belakang dan mengadopsi versi saluran pendingin kaliper terintegrasi yang terinspirasi Formula 1 yang terlihat pada 765LT.

Sebuah sumber mengatakan bahwa sementara Artura baru, dengan harga yang diharapkan mulai sekitar $ 225.000, akan datang ke pasar dengan penggerak roda belakang, versi 4WD juga sedang dalam proses. Dimulai dengan Artura, McLaren tampaknya berencana untuk meluncurkan sekitar 18 model bertenaga bensin-hybrid pada tahun 2025. Berambisi? Iya. Tetapi jika Artura adalah sesuatu yang harus dilakukan, maka kerja keras sudah selesai. [yat/asl/timBX]

Tags :

#
supercar hybrid,
#
mclaren artura,
#
supercar