MENU
icon label
image label
blacklogo

Supercar Ferrari yang Terinspirasi dari Kota Indah

JUN 11, 2018@09:30 WIB | 120 Views

Ferrari memberi nama Portofino sebagai salah satu kendaraan besutannya. Nama tersebut ternyata merujuk pada salah satu kota terindah di Italia. Sekadar untuk diketahui, Kota Portofino terkenal dengan pelabuhan wisata yang menawan. Selama bertahun-tahun, kota tersebut telah menjadi ikon internasional, yang juga identik dengan keanggunan, serta kemewahan yang bersahaja. Warna Ferrari baru ini juga telah didedikasikan untuk kota yang cantik: Rosso Portofino.

Ferrari Portofino menggendong mesin 3,9 liter turbocharged V8 milik California T yang telah dirombak secara besar-besaran, sehingga mampu menghempaskan tenaga 600 hp pada 7.500rpm dan torsi 760Nm antara 3.000 – 5250rpm. Perubahan mesin tersebut  mencakup perangkat lunak yang telah dikalibrasi ulang, perubahan sistem knalpot, piston, serta bagian lainnya. Ia mampu melepas 0-100 kpj hanya dalam 3,5 detik.

Ferrari Portofino sejatinya jenis mobil convertible kuat yang menggabungkan kelebihan dari atap keras (dapat  terbuka dan tertutup), ruang kaki yang lapang dan kokpit sporty, ditambah dua kursi (untuk anak kecil) belakang. Jadi kendaraan ini cocok untuk perjalanan singkat.  

Chassis Ferrari Portofino sudah mengantongi pengurangan berat yang signifikan, untuk menggantikan Ferrari California. Berkat penggunaan teknologi produksi modern yang ekstensif, semua komponen chassis dan body telah didesain ulang dengan pengurangan bobot body, meski mengalami peningkatan kekakuan torsi.

Nah beralih ke jantung mekanis. Mesin turbo Ferrari V8 sebetulnya sudah sangat terkenal. Buktinya, jenis mesin ini dinominasikan sebagai International Engine of the Year di tahun 2016 dan 2017. Penyempurnaan tetap ada, sehingga Portofino memiliki tenaga 40 hp lebih besar dari California T berkat adopsi komponen baru dan kalibrasi khusus. Tak hanya itu ia juga dibubuhkan perangkat lunak untuk menghasilkan  karakteristik suara yang berani.

Semua aspek efisiensi mesin berkonfigurasi 8 silinder telah disempurnakan dengan mengadopsi piston  dan desain sistem asupan (intake) yang baru. Sistem geometri di seluruh pembuangan juga telah mengalami revolusi. Pemasangan header knalpot one-piece-cast merupakan faktor penting dalam memastikan respon throttle karakteristik Ferrari dengan zero turbo lag.

Perbaikan ini, dikombinasikan dengan Variable Boost Management yang menyesuaikan pengiriman torsi agar sesuai dengan gigi yang dipilih, memungkinkan Ferrari Portofino menawarkan tingkat akselerasi yang lebih tinggi di semua roda gigi dan konsumsi bahan bakar lebih rendah dibandingkan model California Turbo.

Karakteristik dinamis kendaraan Ferrari Portofino telah direvisi sepenuhnya dan mendapat manfaat dari pengenalan solusi teknologi baru. Untuk pertama kalinya model Ferrari jenis ini, telah dilengkapi electronic rear diferensial generasi ketiga (E-Diff3) yang diadopsi dari F1-Trac. Hasilnya, Portofino memiliki grip mekanis dan kontrol mobil akurat. Ferrari Portofino juga merupakan GT pertama yang bisa dipasangi EPS (Electric Power Steering). Hal ini memungkinkan para insinyur untuk mengurangi rasio kemudi sebesar 7% untuk kemudi yang lebih responsif. Mantap bukan? Kita tunggu saja kedatangannya di Indonesia. (alx/timBX)

Tags :

#
supercar ferrari yang terinspirasi dari kota indah,
#
ferrari,
#
ferrari portofino