MENU
icon label
image label
blacklogo

Supercar Brabham BT62 700hp Khusus Arena Balap

MAY 04, 2018@20:30 WIB | 373 Views

Black Pals, jika ingatan Anda masih tergores nama mendiang Sir Jack Brabham sebagai pebalap GP F1 yang terlahir di Hurstville di dekat Sydney, Australia. Namanya cukup terkenal selain sebagai juara dunia tiga kali juga sebagai pembalap yang membangun mobil balapnya sendiri.

Sekarang ini David sebagai penerus legenda ayahnya, juga telah memenangkan balap di Le Mans di kelas yang variatif. David juga memperkenalkan mobil dengan mesin barunya Brabham BT62. Meski terlihat cukup mewah, mobil tersebut bukan mobil koleksi di garasi, melainkan sebuah mobil balap dengan 700 hp.

Satu kata yang tergambarkan dari sosok Brabham BT62 adalah fokus. Lihat saja body panels terbuat dari serat karbon.  Velg yang mendukung kaki-kaki pun digunakan karbon kevlar dengan maksud lebih ringan. Kemudian suspensi double wishbone digunakan di depan dan belakang, dan satu set Ohlins untuk damping.

Melangkah ke powertrain, BT62 menggunakan mesin V8, berkapasitas 5.4 liter, dengan desain in-house oleh tim Brabham. Tenaga yang dihasilkan 700 hp dan torsi 667 Nm, didistribusikan melalui gearbox sequential 6 percepatan, mengirimkan tenaga ke roda belakang. 

Guna mengimbangi kecepatan yang luar baisa, Brabham telah memasang rem Brembo dengan kaliper 6 piston baik depan dan belakang. Ban Michelin 18 inci sepertinya diproduksi khusus untuk  BT86 ini.

Sebagai mobil balap, Brabham memiliki berat 971 kg saja. Namun untuk kemampuan downforce mobilnya meningkat menjadi 1199 kg. Kemampuan tersebut mirip dengan supercar dengan naturally aspirated lainnya, seperti Apollo Intensa Emozione, dengan berat 453kg lebih berat dari McLaren Senna, sebagai saingan BT62.

Dengan pintu swing, saat terbuka, Black Pals akan dikejutkan dengan ruang kokpit khusus balap, simple dan ringan. Bagain tempat duduk dibungkus dengan suede carbon, dan pedal box yang bisa disesuaikan. Roda kemudi yang memiliki banyak tombol dan daun pintu yang di-finishing dengan kulit membantu mengurangi berat mobil.

Jika Black Pals berniat mengoleksinya, hanya ada 70 contoh mobil yang dibangun di dunia. Dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp18 miliar per unit, dan mulai diperkenalkan di Australia, dengan posisi kemudi kiri dan kanan. Rencananya contoh pertamanya akan dikirim akhir tahun ini.[Ahs/timBX]

Tags :

#
supercar,
#
brabham,
#
brabham bt62,
#
jack brabham