MENU
icon label
image label
blacklogo

Superbike MondialMoto Bangkitkan Kembali Mesin V 5 Silinder yang Ikonik

AUG 16, 2018@15:00 WIB | 316 Views

MondialMoto sebuah manufaktur yang memproduksi motor superbike berencana akan memproduksi superbike berbasis mesin V5. Rencananya superbike ini akan diproduksi penuh pada tahun 2023, dengan varian V5R dan V5S. Varian mesin V5 merupakan paling ikonik di dunia, terutama pendahulunya Honda RC211V, V5 1000cc. Sekarang tim motoGP Honda menggunakan mesin RC213V, V4 1000 cc sesuai regulasi MotoGP.

Keduanya mengadopsi gaya mesin yang pernah diproduksi Honda RC211V, yang pernah digunakan Valentino Rossi pada balapan MotoGP musim 2002-2003. Dengan kontruksi mesin V5, RC211V merupakan mesin V5 pertama di dunia dan mengalahkan rekan satu timnya Max Biaggi, disepanjang musim balap dengan tenaga yang dimuntahkan mencapai 260 hp. Rossi meraih juara seluruh seri, kecuali balapan di Ceko.

MondialMoto baru saja berencana untuk membangun streetbike V5. Nama Mondial tidak  memiliki hubungan dengan F.B. Mondial sebuah pabrikan di Milanese. MondialMoto berlokasi di sekitar 2 jam dari Milan. Di Milan merupakan rumah dari  pabrikan Ducati, Ferrari, Lamborghini dan Maserati. 

Secara kontruksi, mesin MondialMoto V5 dengan 75,5 derajat, 4 katup silinder, V5 dengan 3 silinder di depan dan 2 silinder di belakang. Camshafts DOHC mendorong katup titanium hingga 13.250 RPM. V5 akan diproduksi dalam 2 model, V5R dan V5S.

Untuk varian V5R akan menggunakan kerangka serat karbon penuh, menggunakan monoshock dan airbox yang terintegrasi. Bagian subframe juga menggunakan karbon, akan tetapi swingarm belakang berbahan alloy. Bagian velg V5R juga akan menggunakan bahan karbon. Sedangkan varian V5S menggunakan bahan frame aluminium one piece dan velg berbahan forged alloy.

Kedua varian ini didukung dengan suspensi Ohlins, dengan electronic fork dan steering damper, serta sistem pengereman Brembo dengan kaliper monoblock dan ABS. 

Untuk bodywork terbuat dari bahan serat karbon dan knalpot titanium, dengan dashboard digital yang menyertakan mode five lap timers. Fiturnya akan mengadopsi keyless remote ignition, ditambah GPS satelite navigation, untuk mencari motor Anda, disaat lupa parkir.

Fitur unggulan lainnya adalah MQS dan MPC. MondialMoto Quickshift (MQS) dan MPC untuk kontrol traksi, cukup mendukung performa motor 200 hp tersebut. Segudang fiturnya tersebut cukup mendukung gaya motor Italia, lebih mirip seperti Panigale, dengan lampu depan yang besar, dan exhaust yang tersembunyi dibalik bodywork.

MondialMoto V5R bakal dijual dengan harga USD41.500 sedangkan V5S dijual dengan harga lebih rendah USD32.300. Sayangnya kedua varian ini masih dalam bentuk prototype. Rencana produksi penuh ditahun 2023, dengan pertimbangan modal investasi mencapai USD2,88 juta.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
superbike,
#
mondialmoto,
#
v5 engine,
#
italia superbike