MENU
icon label
image label
blacklogo

Super-Supermoto, Motor Trail KTM 990 SMT Dari Selandia Baru

JAN 18, 2021@18:00 WIB | 221 Views

KTM membuat karakter dengan motor trail, tapi belakangan ini sepeda motor tersebut juga terkenal dengan motor konvensional. Daftar sasaran mereka mencakup model seperti KTM 990 Supermoto.

Pertama kali dirilis pada tahun 2008, ia hadir dalam dua varian: purist 990 SMR, dan kemudian 990 SMT yang lebih berfokus pada tour. SMT masih bagus, tetapi lebih berat dan terlihat aneh, karena joknya yang tampak terlalu dalam dan fairing nose nya. Tapi Nick Murray yang memiliki hobi memodifikasi memperbaiki semua itu.

Berbasis di Whakatane di Bay of Plenty, Selandia Baru, Nick bekerja sebagai insinyur listrik dan mekanik. Dan itu terlihat dari cara dia mengubah KTM jenis ini.

Sekilas, ini lebih terlihat seperti mesin track yang diurutkan dengan baik daripada kustom. Tapi jika diperhatikan seksama, maka motornya benar-benar berbeda, bahkan dari segi bodi dan bagian sampingnya.

Tapi apa yang mendorongnya untuk membuat modifikasi semacam ini? “Jawaban singkat: “Karena saya bisa. Saya sudah memiliki supermoto 690 cc, yang meski beberapa peningkatan performa masih membutuhkan lebih banyak tenaga.

“Pada 2019, saya menemukan KTM 990 SMT 2011. Saya menyukai kekuatannya tetapi membenci bobot dan penampilannya, dan saya tidak akan berbohong, saya terinspirasi oleh modifikasi 950 SMR dari Max Hazan yang ditampilkan Bike EXIF beberapa tahun yang lalu. Jadi, setelah 18 bulan, 'carbonSMR' saya lahir.”

Terlepas dari tampang motor balap, Nick membangun KTM untuk melakukan tugas di jalan umum. Dia menyematkan EFI dan ABS, sama sekali tidak menyentuh kabelnya, dan motornya menampung 14 liter (sekitar 3,7 galon) bahan bakar. Semua berkat penyetelan tangki bahan bakar kustom yang sangat cerdik.

Nick mengunci subframe asli KTM, lalu membuat sel bahan bakar aluminium yang berfungsi ganda sebagai subframe baru. Untuk mengembangkannya, pertama-tama dia merancang rangka kawat untuk mendapatkan bentuk umum, melakukan beberapa pekerjaan CAD dasar untuk memaku sudut, kemudian TIG mengelas unit terakhir menjadi satu. Dia perlu tempat untuk memasang pompa bahan bakar juga, jadi ada tangki sekunder di depan yang menampungnya, bersama dengan tutup pengisi.

Ada lebih banyak fabrikasi di bagian bawah, dengan tangki oli aluminium yang disamarkan sebagai pelindung bah. Ini dipasang ke titik pemasangan OEM KTM.  “Semuanya bisa diubah kembali jika saya mau,” tambahnya.

Merelokasi bahan bakar dan oli menciptakan ruang untuk secara drastis mengubah bodywork SMT. Semua panel baru dibuat dengan tangan dari awal, yang merupakan pertama kali menggunakan aluminium, sehingga Nick dapat mengendarai sepedmotora dan menyempurnakan ergonomisnya sebelum melakukan desain akhir.

“Butuh beberapa kali pengulangan untuk menyeimbangkan semuanya, mengatur suspensi, tampilan yang tepat dan masih memiliki kapasitas bahan bakar yang wajar,” jelasnya. “Itu adalah perbedaan antara motor yang terasa seperti homebuilt clunker, dan perasaan seperti sesuatu yang seharusnya dibuat oleh KTM.”

Setelah semuanya selesai, Nick melapisi bagian aluminium dan menggunakannya untuk membentuk cetakan serat karbon. Bagian akhir kemudian dipotong dari serat karbon dan diawetkan dengan vakum dalam autoclave, berkat Gregor dari Haeberline Composites.

Nick menjelajahi nampan suku cadang KTM untuk beberapa bagian untuk menyelesaikan set. Lampu depan dari salah satu motor enduro mereka, spatbor depan dari bagian supermoto, dan jok dari KTM 450 SX.

SMT ini lebih dari sekedar pekerjaan soal penampilan. Spesialis performa KTM, Rottweiler, menghubungkan Nick dengan asupan khusus agar sesuai dengan ruang yang tersisa di bodywork. “Tidak ada cukup ruang untuk 990 intake,” dia menjelaskan. “Jadi saya meminta orang-orang di Rottweiller untuk mengkombinasikan basis 990 dan elemen filter kubah Super Enduro 950.”

Header knalpot juga berasal dari Rottweiler, dengan two-into-one. Dari sana, semuanya disesuaikan, sampai berubah menjadi peredam Arrow. Secara alami, motor ini menggunakan dyno, dan kabarnya menghasilkan 112 hp di roda belakang.

Suspensi WP KTM yang sudah bagus telah diberi dorongan dengan internal Race Tech di depan, dan shock belakang yang muncul kembali. Nick juga memasang kopling sandal dari TSS, dan pemindah gigi cepat HealTech. Baterai telah ditukar dengan unit Antigravity Lithium-ion, dimasukkan ke dalam kotak yang dibuat khusus di belakang silinder belakang mesin.

Kokpit dilengkapi palang, grip, tuas, dan hadn guards, tetapi switchgear sudah tersedia. Kunci kontak telah dilepas, dengan kunci kontak RFID tanpa kunci dipasang di tempatnya.

Antara perubahan visual dan peningkatan kinerja, SMT ini sekarang memiliki banyak pertunjukan dan beratnya hanya 353 lbs.

“Ini adalah super-supermoto, dan meskipun sangat menyenangkan di jalan (dan Selandia Baru memiliki beberapa jalan yang sesuai), sungguh luar biasa saat mencoba di lintasan.”

“Saya pernah ditanya bagaimana rasanya dibandingkan dengan supermoto 450cc, seperti siang dan malam. Kegembiraan pada 450 adalah wheelies, twisties dan perpindahan gigi untuk bisa mencapai 120 km/jam. 990 ini lebih cepat daripada gigi kedua, jadi terasa jauh lebih panas daripada 450.

“Syukurlah suspensinya kokoh dan cakram depan ganda bekerja dengan sangat cepat. Sejujurnya ini akan terasa terlalu berlebihan bagi kebanyakan orang." [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
super-supermoto,
#
motor trail ktm 990 smt,
#
motor trail,
#
ktm 990 smt,
#
ktm 990 supermoto