MENU
icon label
image label
blacklogo

BM Sunny EV: Desain "Bajaj" Kargo Futuristik Hasil Kolaborasi Perusahaan Startup Asal Tunisia dan Jerman

SEP 13, 2021@13:15 WIB | 107 Views

Semua kendaraan yang ada di muka bumi, sudah pasti muncul dari buah pikiran seseorang, kemudian dituangkan ke secarik kertas untuk sketsa kasar, kemudian masuk ke tahap rendering, dengan menggunakan laptop atau PC, untuk menghasilkan desain yang lebih detail, seperti halnya dengan Bako Motors (BM) dan kendaraan kecil yang disebut dengan Sunny, yang muncul di acara IAA Mobility 2021. Sejauh ini, yang kami ketahui tentang BM adalah mereka merupakan perusahaan startup gabungan Tunisia-Jerman yang memiliki satu tujuan, untuk menawarkan generasi masa depan kendaraan yang benar-benar bersih dan ramah lingkungan, yang juga sangat bergantung pada matahari sebagai sumber tenaga.

Kendaraan ini tampaknya baru dalam tahap rendering, dan kehadiran BM di IAA mungkin hanya untuk menggaet beberapa investor. Apa pun alasanny untuk tampil di IAA, satu hal yang pasti, tim di BM benar-benar memikirkan desain yang anda lihat, walaupun terlihat sedikit mengecewakan.

Situs resmi dari BM tidak menunjukkan banyak detail tentang desain, dan meskipun ada tombol "Pre Order", jika Anda mengkliknya, tidak ada yang terjadi. Anda juga tidak akan menemukan kisaran harga untuk kendaraan ini; anda harus menghubungi produsen terlebih dahulu. Tapi, di antara beberapa foto yang disediakan perusahaan, ada beberapa detail tentang kemampuan dan spesifikasi kendaraan ini, namun tidak banyak.

Apa yang kita ketahui adalah bahwa EV ini tidak hanya ditenagai baterai seperti kebanyakan EV lain, tetapi dengan tambahan panel tenaga surya, Sunny mampu melaju hingga 50 km (31 mil) dengan energi matahari saja. Ditambah dengan sistem baterai lithium-ion yang akan disediakan BM, jarak tempuh akan sekitar 100 km (62 mil).

Selanjutnya, Sunny jelas merupakan kendaraan roda tiga. Namun, jika anda pernah mengendarai kendaraan beroda tiga seperti bajaj, bemo, ataupun ATC, anda pasti tahu betapa sulitnya berbelok pada kecepatan tinggi. Dari desain yang ditampilkan, bagian belakang terlihat seperti box kargo, sepertinya Sunny diperuntukan untuk mengantarkan dan mengangkut barang.

Dengan pemikiran ini, BM membuat Sunny dengan ukuran cukup kecil untuk menerobos jalan-jalan sempit, sambil membawa barang barang dari berbagai online marketplace dan e-commerce favorit anda. Di bagian dalam box belakang, hingga 350 kg (772 lbs) perlengkapan, perangkat keras, barang, dan bahan makanan dapat diangkut, cukup banyak juga yang bisa diangkut dengan kendaraan mungil ini.

Satu hal yang sepertinya dipertimbangkan oleh BM, adalah kemampuannya untuk bermanuver dengan aman pada kendaraan seperti ini. Di situs web perusahaan, disebutkan juga bahwa Sunny adalah solusi kecepatan rendah, yang akan membuat pengemudi dan pejalan kaki atau lalu lintas lokal tetap aman.

Pintu akses pengemudi terletak di sisi EV, sementara kargo harus dimuat dan diturunkan melalui pintu belakang atau palka. Mungkin jika kendaraan ini sudah diproduksi, akan ada desain lain yang mungkin dapat mengangkut penumpang. Dengan beberapa lampu depan LED, wiper kaca depan, dan anda memiliki kendaraan yang layak untuk ditampilkan di pameran mobilitas internasional. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
sunny ev,
#
ev,
#
desain,
#
rendering