MENU
icon label
image label
blacklogo

Subaru WRX STI S209, Bakal Diperkenalkan di Detroit Auto Show

JAN 02, 2019@17:00 WIB | 2,706 Views

 Varian terbaru Subaru WRX STI  bakal meluncur di Amerika Serikat, dan pihak Subaru pada minggu kemarin mengkonfirmasi varian terbarunya dengan menyandang nama S209. Informasi tersebut dihembuskan sejak Subaru mengikuti penemuan aplikasi merek dagang untuk nama yang dibuat oleh automaker pada awal Desember. Bersamaan dengan hal tersebut, Subaru mengkonfirmasi  penerus WRX STI  akan debut dunia  di North American International Auto Show, Detroit pada 14-27 Januari 2019.

Video teaser sebelumnya menunjukkan versi prototipe merobek arena racetrack. Sayangnya, belum ada rincian yang terungkap tetapi dengan sedikit keberuntungan kita akan melihat S209 tiba dengan 2.0-liter turbocharged flat-4, terlihat lebih kuat  dari WRX STI spek Jepang, guna membantu membedakannya dari Type RA tahun lalu.  

Perlu kita ketahui, WRX STI kode S20 merupakan ediski khusus yang diluncurkan di Jepang pada dekade ini. Tepatnya pada 2011, Subaru memproduksi WRX STI S206; pada 2015, S207 dengan versi lebih membungkuk; dan tahun lalu, Subaru merilis S208. Setiap model terbatas hanya beberapa ratus mobil. Dan model S209 akan menjadi kemajuan alami setelah S208 tahun lalu, yang membanggakan tenaga pabrikan mencapai 324 tenaga kuda. Sebagai perbandingan, Type RA yang hanya menawarkan 310 hp.

Jika  secara model dan engine S209 mirip dengan S208, publik tentu mengharapkan banyak peningkatan pada kinerjanya. Model S208 tahun lalu menampilkan fitur retuned steering rack, dilengkapi dengna adjustable Bilstein damper, velg BBS 19 inci, roof bercorak fiber carbon, dan sentuhan serat karbon lainnya. Massive rear di belakang  menambah perubahan yang cukup.

Subaru WRX STI S209  terlihat ditutupi oleh bungkus kamuflase, tetapi beberapa aksi drivernya cukup menawan. Kita dapat dengan mudah melihat rear massive wing dan bagian depan yang banyak didominasi winglet seperti pada video. Wing rear tidak jauh dari gaya S208, dan bisa menjadi sedikit tambahan tipuan aerodinamis ala mobil balap.

Masa depan WRX memang belum bisa dibayangkan, namun kita tahu model generasi berikutnya akan tiba sekitar tahun 2020. Subaru diharapkan memposisikannya menghadirkan desain yang benar-benar baru, dan terkait dengan gaya Impreza. Penambahan teknologi hibrida juga diharapkan memainkan peran di next generation dari WRX. [Ahs/timBX]

Tags :

#
subaru,
#
subaru wrx sti,
#
s209,
#
detroit auto show