MENU
icon label
image label
blacklogo

Stuttgart dan Dusseldof Terancam Mulai Tinggalkan Mesin Diesel

MAR 07, 2018@09:30 WIB | 109 Views

Baru-baru ini pengadilan adminisitratif Federal Jerman di Leipzig, mengeluarkan sebuah keputusan yang mengatakan bahwa mulai sekarang pemerintah daerah di Negara tersebut dapat melarang penggunaan mobil bermesin diesel.

Keputusan tersebut diambil dari hasil gugatan Environmental Action Germany , yaitu sebuah kelompok lingkungan yang menentang emisi besar-besaran di Jerman. Pengadilan memutuskan Kota Stuttgart dan Dusseldorf sebagai target penghentian kendaraan berbahan bakar solar, dikarenakan polusi daerah dikota tersebut sudah diatas ambang batas yang berlaku.

Namun di lain pihak, pemerintahan Angela Merkel tidak menyukai keputusan tersebut. Bagaimanapun juga, industri otomotif German telah menghasilkan keuntungan Rp68 triliun dari penjualan kendaraan.

Alhasil, keputusan pengadilan federal menghalangi rencana Kanselir Jerman untuk menerapkan jenis larangan mobil diesel yang terkendali, dan tidak merugikan industri otomotif sama sekali. Langkah selanjutnya mungkin automaker berencana membentuk mobil diesel dengan emisi yang bersih. Nantinya berguna untuk menghindari larangan mengemudi kendaraan yang dilarang pengadilan.

Retorika dengan mengatakan kendaraan diesel buruk dan melarang kendaraan diesel adalah hal lama. Yunani, sebuah negara yang membuat larangan diesel mulai tahun 2025, sudah memiliki peraturan tersebut di Athena dan Thessaloniki hingga tahun 2011. Dikarenakan krisis moneter Yunani tersebut, Yunani akhirnya menghentikan larangan tersebut, dan mereka dapat menyelamatkan pasar mobil lokal.

Orang banyak mempersepsikan kendaraan diesel adalah penghasil polusi. Namun, kedepannya mungkin pembuat mobil dari semua perusahaan otomotif pasti akan membuat mobil diesel lebih hijau dari sekarang, sehingga tidak akan ada pemberlakuan larangan kendaraan diesel.[pram/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
mesin diesel,
#
jerman,
#
larangan mesin diesel,
#
emisi