MENU
icon label
image label
blacklogo

BMW E30 Diracik Ulang Tembus 405HP, Tampang dan Performa Garapan Manhart

OCT 12, 2023@14:00 WIB | 435 Views

BMW, ya brand mobil tersebut bukanlah hal baru di dunia otomotif termasuk di Indonesia. Tak jarang berbagai variant BMW menjadi sebuah ikonik hingga jadi bahan yang tepat untuk tersentuh modifikasi.

Seperti BMW yang mungkin di Indonesia terbilang legendaris dan populer yaitu BMW E30, kalau di Indonesia sering disebut "BMW Mas Boy" ya hehe. 

BMW bukan sembarang BMW nih, sedan asal Jerman satu ini tipe coupe yang kental dengan aura racingnya yaitu BMW E30 M3. Bukan hanya itu, sedan bermata empat bulat ini juga masih dibalut sentuhan modifikasi khas salah satu tuner ternama yaitu Manhart.

Kita bahas dari eksteriornya dulu nih Blackpals, BMW E30 M3 ini jelas bertampang klasik namun kental dipeluk aura sporty dengan penambahan berbagai add on khas Manhart.

Mulai dari fascia depan, BMW E30 Manhart ini terpasang bodykit lengkap dengan lips bumper dan splitter yang dibalut kelir hitam plus tarikan garis merah yang agresif.

Begitu juga dengan grill depan yang gagah dibalut kelir hitam termasuk sepasang kidney grill kebanggaan BMW, geser kebagian samping sepasang fender depan pun ikut ditarik lebar. Begitu juga dengan sepasang fender belakang gambot, yang disempurnakan dengan pemasangan sideskirt baru.

Sementara di area buritan, tampilan jelas berbeda dengan BMW E30 pada umumnya. Mulai dari sepasang stoplamp kekinian dengan sentuhan mika bening smoke black, deretan lampu kotak-kotak dan sebuah spoiler jumbo yang bagian atasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Tampang belakang ini juga makin sempurna dengan bentuk bumper belakang baru lengkap dengan lips yang terlihat menyatu.

Turun kebagian kaki-kaki, bukan dengan velg berdiameter pada biasanya yaitu ring 13 atau 14 BMW E30 Manhart ini ditopang dengan satu set velg Manhart ring 19 dengan design palang enam multispoke hitam.

Tepat di belakangnya, sistem pengereman Big Brake Kit alias BBK berlabel Brembo 4piston dengan rotor 13 inchi.

Masuk kebagian dalam, kabin BMW E30 Manhart ini juga enggak sembarangan. Aura klasik khas 1980an kentara terlihat dengan balutan leather berkelir merah kecoklatan yang dipadu dengan dashboard hitam plus pemasangan beberapa part beraksen kayu.

Sedikit sentuhan modern terlihat, mulai dari setir Manhart dan beberapa panel digital tambahan untuk mempermudah pengemudi melihat kondisi mesin barunya. Nah sampai nih disektor mesin, ini yang paling seru.

Kebayang enggak sih sebuah BMW E30 dapat berlari dengan 405 HP? Hal ini terjadi pada BMW E30 berkelir hijau doff satu ini, mesin empat silinder standartnya diganti dengan mesin BMW Seri 5 E12 berkapasitas 3.500cc 6 silinder .

Mesin baru berkapasitas jumbo itu juga masih diupgrade, gokil! Satu set turbocharger Alpina B7 S terpasang lengkap dengan intercooler dan sistem knalpot racing barunya.

Gimana Blackpals, punya BMW E30 standart aja sudah kece dan kalcer banget ya gimana punya BMW E30 M3 dan tune by Manhart kayak gini ya? [Aziz/timBX/berbagaisumber].

Tags :

#
bmw,
#
bmw e30,
#
manhart,
#
bmw serie 3,
#
jerman,
#
alpina

X