MENU
icon label
image label
blacklogo

Starting Grid MotoGP COTA 2022 Dominasi V4 Desmosedici Grid Terdepan, Marquez ke Sembilan

APR 10, 2022@04:44 WIB | 146 Views

Lima pembalap dari Ducati mengisi starting grid MotoGP COTA, Austin Texas yang digelar 10 April 2022. Jorge Martin menempati pole position dengan raihan waktu 2 menit 2,039 detik. Dibuntuti oleh Jack Miller dari pabrikan Ducati dengan gap 0,003 detik. Sementara runner up tahun lalu Pecco Bagnaia juga memangkas gap yang tipis dari Martin terpaut 0,128 detik. 

Johan Zarco dari tim satelit menempatkan diri di grid kedua posisi kelima, dengan gap 0,531 detik, dan pembalap terakhir Ducati Gresini Enea Bastianini mengunci di grid ketiga posisi kelima dengan gap waktu 0,539 detik. Juara dunia tahun lalu El Diablo mengunci di posisi ke enam sebagai perwakilan pembalap tim Garputala dengan tunggangan M1 dengan gap waktu 0,595 detik.

Juara COTA 2019, Alex Rins berani tampil mengesankan setelah menyelesaikan catatan waktu terbaik ke tujuh 0,655 detik. Diikuti dengan rekan setim Joan Mir terpaut gap 0,908 detik. 

Sang juara bertahan Marc Marquez diposisi sembilan gap 0,999 detik, dan diikuti tim satelit Honda LCR Nakagami dengan gap 1 menit 015 detik.   Marc Marquez, mengincar kemenangan kedelapannya di COTA, hanya bisa menempati urutan kesembilan. Dirinya memperkirakan pembalap Ducati akan sulit dikalahkan dengan dominasi ke lima pembalapnya.

Marc Marquez kembali beraksi setelah melewatkan balapan Mandalika dan mengikuti akhir pekan Argentina karena episode baru penglihatan ganda yang disebabkan oleh kecelakaan pemanasan besar di Indonesia.


Juara dunia Fabio Quartararo turun dari M1-nya tepat sebelum babak setengah jalan dari 15 menit, untuk kembali ke pit. Quartararo berhasil bangkit di lima menit terakhir dan menjadi yang terbaik dari sisanya setelah Ducati.

Setelah jatuh di Kualifikasi 1, sang pemimpin kejuaraan dunia Aleix Espargaro bakal start dari urutan ke-13 di grid, tepat di depan rekan setimnya di Aprilia, Maverick Vinales.

Isu soal pergerakan tanah di bawah permukaan menyebabkan gundukan besar menjadi masalah terus-menerus di COTA. Akibatnya pelapisan ulang aspal untuk gelaran acara 2022, yang mencakup Tikungan 2-10 dan 12-16.

Pembalap pendatang Darryn Binder dan Remy Gardner jugal jatuh di awal sesi, sementara kecelakaan kemudian Aleix Espargaro mengakhiri harapan pemimpin kejuaraan dunia untuk mencapai Kualifikasi 2.

Siapa yang menjadi podium cukup sulit diprediksi, paling tidak ada tiga pabrikan yang bakal saling mengisi juara 1,2 dan 3, atau semuanya bakal diraih pembalap Ducati? [Ahs/timBX] 

Tags :

#
grandprix cota 2022,
#
motogp austin texas,
#
starting grid cota 2022

RELATED ARTICLE