MENU
icon label
image label
blacklogo

Standar Keamanan Meningkat Drastis, Ini Dia Volvo EX90

NOV 10, 2022@13:00 WIB | 818 Views

Setelah ditunggu-tunggu sekian lama, Volvo akhirnya merilis SUV listrik pertamanya, yaitu EX90 dan didapuk sebagai sebagai kendaraan buatan yang paling canggih saat ini.

Volvo dikenal dengan reputasi keamanannya dan EX90 berencana untuk mempertahankan reputasi ini dengan meningkatkan lagi standar keamanannya.

EX90 hadir dengan berbagai sensor, mulai dari kamera, radar, dan lidar yang semuanya dikendalikan dan dihubungkan oleh inti komputasi EX90.

Nvidia Drive juga telah diinstal untuk menjalankan perangkat lunak buatan Volvo yang dapat melihat seluas 360 derajat secara real-time.

Sensor lidar dapat mendeteksi pejalan kaki hingga 250 meter di depan kendaraan dan menyediakan pengemudian otonom Level 3.

Tingkat keamanan yang sama meluas ke interior karena sensor dan kamera SUV ini dapat merasakan tingkat konsentrasi dan fokus pengemudi di jalan di depan.

Sensor ini mengetahui apabila pengemudi merasa terganggu, lelah atau tidak fokus dan memberitahu pengemudi dengan cara menggetarkan kursi. Jika tidak berhasil, EX90 dapat berhenti sendiri dan meminta bantuan.

Seperti sistem keamanannya, sebagian besar fungsi inti di dalam SUV dijalankan oleh Nvidia Drive AI, Snapdragon Cockpit Platforms, dan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri yang semuanya dapat diperbarui melalui OTA dengan koneksi 5G standar.

Smartphone pengguna juga bisa bertindak sebagai kunci EX90 yang secara otomatis membuka kunci mobil saat Anda mendekat.

Layar tengah 14,5 inci menampilkan aplikasi dan layanan Google, Asisten, Maps, dan lainnya dari Google Play. Selain itu, EX90 juga sudah dilengkapi dengan sound system Bowers & Wilkins lengkap dengan Dolby Atmos, yang juga menyalurkan suara melalui speaker di sandaran kepala.

EX90 ditenagai oleh baterai 111 kWh yang memasok tenaga ke dua motor listrik magnet permanen dengan output gabungan 380 kW dan torsi 910 Nm.

Baterai ini punya jarak tempuh hingga 600 km dan dapat diisi ulang dari 10 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit melalui pengisi daya hiper.

Baterai ini juga dapat digunakan untuk memberi daya pada rumah, perangkat elektronik lainnya, atau kendaraan Volvo lainnya berkat pengisian dua arah.

Mengenai harganya, Volvo sepertinya akan memberikan berapa banderol harga dari SUV listrik pertamanya ini menjelang peluncurannya yang direncanakan pada tahun 2024. [fdlh/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
volvo,
#
volvo ex90,
#
suv,
#
ev,
#
mobil listrik