MENU
icon label
image label
blacklogo

Specialist Replika, Restorasi Hingga Konversi Listrik Mobil Klasik, Kuno.id Ada di IIMS 2024

FEB 21, 2024@16:30 WIB | 230 Views

Bisa bikin Mercedes Benz Gullwing, gokil!

Dalam penjelajahan tim BX di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, kami kembali bertemu dengan workshop sekaligus builder yang spesial.

Ya, bukan membangun mobil modifikasi tapi Kuno.id adalah jagonya merestorasi hingga membuat replika mobil klasik yang mungkin jadi impian para pecinta mobil legendaris.

Ariel, selaku Project Manager mengatakan ini bukan kali pertama Kuno.id hadir di IIMS.

"Tahun sebelumnya, Kuno.id juga hadir namun membawa project mobil dengan tahapan tertentu. Di IIMS 2024 kali ini kami datang dengan memamerkan project replika Mercedes Benz Gullwing dengan body shape yang sudah jadi lengkap dengan rangka tubullarnya,"buka Ariel.

Kuno.id sendiri workshop yang bermarkas di Semarang, Jawa Tengah. Bedasarkan obrolan dengan bro Ariel, Kuno.id berdiri sejak tahun 2019 silam.

Bukan hanya membuat mobil replika, Kuno.id juga bisa melakoni restorasi mobil.

"Ada beberapa jobdesk kita, mulai dari membuat replika mobil klasik hingga melakukan restorasi dan konversi listrik yang juga bersegmen dimobil klasik,"tambahnya.

Melihat dua mobil yang terpajang di booth Kuno.id, yaitu replika Mercy Gullwing dan Opel Olympia Rekord kami tertarik dengan replikasi mobil klasik.

"Untuk membuat mobil replika, kita ada dua jenis. Pertama bisa dengan mobil donor sebagai bahan, dan bisa juga full custom seperti body, interior, hingga sasisnya," seloroh Ariel kepada tim BlackXperience.

Terkait bahan baku pembuatan replika mobil klasik, sang project manager Kuno.id ini bilang workshopnya bisa membuat body mobil berbahan fiber, plat besi dan alumunium.

"Soal bahan, kita bisa fiber, plat besi hingga Alumunium. Tergantung basic originalnya mobil, kalo Mercy Gullwing kan aslinya alumunium makanya untuk bikin semirip mungkin dengan aslinya kita pakai alumunium yang dikenteng manual alias handcraft. Lanjut, body itu pun difinishing agar hasilnya maksimal," ucapnya.

Meninggalkan soal body, untuk part interior dan berbagai ornamen alias perintilan body harus didatangkan dari negeri asal atau berbagai negara.

"Kalau part dan ornamen, kita wajib pakai orinya. Karena part ori itu presisi dan feelnya beda, makanya kita datangkan dari Amerika, Eropa dan mungkin di negara lain biar customer puas bahkan lupa kalau yang dia naikin itu sebuah mobil replika," tutur Ariel dengan senyumnya.

Buat yang penasaran berapa lama waktu pembuatan replika mobil serta harganya, begini ucap Ariel.

"Untuk replika, kita rangenya sekitar 12 hingga 15 bulan. Kita ambil range terlamanya bukan berarti kita lama-lamain, tapi kita itu passion dan detail. Kadang juga hunting sparepart yang sulit dan lama sampai Indonesianya,"jelasnya.

"Soal harga, replika mobil klasik full custom dan basic mobil donor hampir sama sekitar Rp 1,5 sampai 2 miliyar," tutur Ariel sembari menunjukkan project Mercedes Benz Gullwingnya.

Belum selesai, Kuno.id juga bisa menggarap project restorasi total mobil klasik dari kondisi apapun loh Blackpals.

Harga yang ditawarkan pun cukup menarik nih, dengan range mulai Rp 250 hingga Rp500 juta tergantung kondisi mobil.

Dan ada satu lagi yang menarik, Kuno.id juga bisa loh melakukan konversi mobil konvensional alias berbahan bakar bensin atau solar menjadi mobil electric vehicle (EV) alias listrik 

"Kita juga bisa loh konversi mobil listrik jadi EV, mungkin para pecinta mobil klasik yang sudah pusing dengan sparepart mesin aslinya susah bisa jadi alternatif ganti mesin mobilnya dengan motor bertenaga listrik. Untuk harga konversi jadi mobil listrik start Rp 150 juta diluar mobil donor dan restorasinya,"tutup Ariel dengan ramah.

[Ziz/timBX].

Tags :

#
kuno.id,
#
iims2024,
#
mercygullwing

X