MENU
icon label
image label
blacklogo

Smokestang, Ford Mustang Swap Mesin Truk 12 Valve

SEP 14, 2020@11:30 WIB | 253 Views

Banyak kritikus muscle car mengatakan jika Mustang adalah tak lebih dari mobil coupe berban besar dengan mesin truk. Walaupun itu tak benar, sesungguhnya mesin truk tak selalu buruk, setidaknya tidak bagi Westen Champlin yang sedang mengerjakan proyek “Smokestang”.

Menurut detail yang bisa kita lihat di channel YouTube-nya, Champlin membeli bahan Ford Mustang 2016 bekas tabrakan dan memutuskan untuk melakukan transplantasi “jantung”. Alih-alih memilih mesin GT500 atau 3.5 EcoBoost, mereka memilih mesin diesel 12 valve Cummins. Mesin ini cukup ikonik, digunakan awalnya pada perangkat perkebunan sebelum akhirnya digunakan pada Ram 1989.

Mesin 5900cc, enam silinder segaris ini adalah mesin yang sangat direkomendasikan, ia sangat populer di komunitas truk, terkenal dengan tenaganya yang besar serta durabilitas yang istimewa. Torsi bawahnya yang besar memang cocok untuk membawa beban berat, namun tentu tak cocok untuk mobil sport.

Tenaga puncak ada di 160-215 hp tergantung tahun dan pengaplikasian, namun yang jelas jauh tertinggal dari mesin Mustang baru. Namun itu tak penting jika orientasi kita drag, maka itu tim sedang membangun dan itu tidaklah mudah.

Sebuah swap yang jauh dari plug and play, pengaturan elektronikanya pun memusingkan, namun saat ini mobil ini sudah bisa menyala dan berjalan. Penasaran? Berkut videonya. [leo/timBX]

Tags :

#
ford mustang swap,
#
ford mustang,
#
smokestang,
#
muscle car,
#
westen champlin