MENU
icon label
image label
blacklogo

Skuter Mungil ini Punya Fitur Secanggih Yamaha Nmax

MAR 04, 2020@20:00 WIB | 190 Views

Persaingan ketat di kelas skutik 125 cc memaksa pabrikan untuk memberikan tambahan fitur mutakhir. Seperti yang dilakukan TVS terhadap produk unggulannya, NTorq 125 kini membawa bekal fitur canggih. Versi terbarunya sudah menggunakan teknologi konektivitas, mirip punya Yamaha All New NMax Connected/ABS di Indonesia.

TVS Ntorq 125 baru diluncurkan di India, dan merupakan versi facelift dari model sebelumnya. Masih menggunakan platform serupa, namun terdapat banyak perbedaan. Nilai utamanya ada di teknologi konektivitas, dinamakan TVS Smart Xconnect. Di negara asalnya, ia menjadi yang pertama menggunakan fitur ini.

Terapannya serupa dengan kepunyaan All New NMax tipe tertinggi. Sebuah sistem yang menghubungkan ponsel pintar pengendara dengan skutik kesayangan. Serupa dengan skutik Yamaha, produk ini juga menggunakan koneksi berbasis Bluetooth. Bila sudah terkoneksi, pengguna TVS NTorq 125 dapat mengetahui notifikasi panggilan telepon, pesan singkat hingga indikator smartphone dari panel meter.

Meski masih dalam bentuk layar monokromatik, informasi yang diberikan tetap mudah dibaca. Monitornya menampilkan beberapa penjelasan dalam bentuk angka digital. Seperti spidometer, takometer, odometer, tripmeter, indikator bahan bakar, dan jam digital.

Bedanya, dari layar digital itu dia mampu menyuguhkan panduan perjalanan alias navigasi. Sementara dari aplikasi, pengguna dapat mengetahui kondisi umum si skutik. Dari situ pula mereka dapat mengatur kecerahan instrumen langsung dari gawai. Dua hal ini tak tersedia pada NMax.

Ntorq versi 2020 punya bodi sporty. Tarikan tegas ditemui pada tiap sisi, ditambah lagi desain yang tak lazim. Tengok saja bagian lampu sein. Berlokasi di cover stang depan, seolah membentuk sepasang mata binatang. Sementara lampu utama menempati bagian paling bawah. Lalu pada buritan, ada kisi-kisi yang menghuni bagian bawah stoplamp.

Kendati begitu, NTorq 125 tetap menawarkan kepraktisan. Di balik joknya, ia mampu menampung helm full face. Itu terjadi lantaran tangki bensinnya berada di balik stop lamp. Kapasitasnya cukup besar, 5 liter. Pemilik bahkan tak perlu membuka jok saat mengisi BBM, karena posisi tutupnya berada di bagian paling belakang motor.

Ciri khas itulah yang membedakan produk TVS dengan skutik buatan pabrik lain. Ditawarkan dalam 3 varian, jantung pacunya semua sama. Berkubikasi 124,7cc, OHC, 1 silinder berpendingin udara. Mesin itu mampu menghasilkan power hingga 9,3 Hp pada putaran 7.500 rpm dan torsi maksimal 10,5 Nm di kitiran 5.500 rpm. Top speed yang dapat diraihnya hanya 95 kpj.

Ketiga varian yang dimaksud yaitu, tipe standar dengan rem tromol, versi standar dengan rem cakram serta model Race Edition. Masing-masing terpecah lagi dengan versi BS4 dan BS6 (standar emisi di India). Untuk Race Edition terdapat perbedaan di lampu utama yang sudah menggunakan LED, ditambah dengan DRL (Daytime Running Light). Bentuknya seperti huruf T, terletak diantara headlamp. Selain itu, tubuhnya dihiasi decal nan sporty.

Harga NTorq 2020 ditawarkan mulai dari Rs 65.975 sampai Rs 72.455. Jika dikonversi ke rupiah (1 Rupee = Rp 191), maka harganya hanya Rp 12 jutaan untuk tipe termurah, dan Rp 13 jutaan buat varian tertinggi. Banderol ini jauh lebih murah dari All New NMax Connected/ABS yang dipatok Rp 33.750.000 OTR Jakarta. Menarik kah bila TVS NTorq 125 masuk ke Tanah Air?[Mqd/Hsn/timBX]

Tags :

#
motor matic,
#
tvs,
#
tvs ntorq 125