MENU
icon label
image label
blacklogo

Sirkuit San Marino, Berkarakter Menyulitkan Pembalap MotoGP

SEP 16, 2021@09:00 WIB | 166 Views

Sirkuit Misano akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP San Marino pada tanggal 17-19 September 2021. Sirkuit yang dibangun pada 1972 ini sudah menggelar balapan motor sejak 1981. 

Sirkuit ini memiliki panjang 4,2 kilometer, dan biasa dipakai sebagai tempat penyelenggaraan balapan MotoGP dan World Superbike. Untuk MotoGP, sirkuit yang memiliki 16 tikungan ini baru menjadi tuan rumah pada 2007. Hingga kini, Yamaha yang paling berkuasa. Sejak 2007, Yamaha sudah memenangi balapan di Sirkuit Misano sebanyak enam kali. Valentino Rossi tiga kali dan Jorge Lorenzo tiga kali.  Honda merasakan kemenangan di Misano sebanyak lima kali. Marc Marquez menyumbang tiga kemenangan, sedangkan Dani Pedrosa dua kali. 

Sirkuit Misano memiliki jarak tempuh 118,3 km, yang diakui oleh The Doctor, Valentino Rossi Sirkuit Misano ini sebagai sirkuit yang selalu menyulitkan para pembalap. "Trek di Misano stop and go. Jadi Anda harus mengerem dengan sangat lebar dan sangat dalam. Kemudian setelah memulai dari nol, akselerasinya cukup keras. Di Misano akan sulit menggeber kecepatan maksimal selama 28 putaran. Anda harus fokus sejak awal hingga akhir," jelas pembalap asal Italia tersebut. 

Sirkuit Misano dirancang oleh insinyur Cavazzuti, di bawah naungan Enzo Ferrari, sirkuit Misano menjalani uji coba pertama pada 4 Agustus 1972, saat dunia motorsport tengah bangkit. Jauh sebelum ajang MotoGP berlangsung di Misano, sirkuit ini awalnya hanya punya lintasan sepanjang 3.488 meter dengan tribun penonton berukuran kecil. Sirkuit Misano saat itu belum diperuntukkan bagi kejuaraan internasional.

Setelah menjalani renovasi selama lebih dari satu dekade, Sirkuit Misano kembali dibuka pada tahun 2007. Mengusung nama San Marino and Rimini's Coast motorcycle Grand Prix, Misano resmi menjadi tuan rumah salah satu seri dari kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Casey Stoner (Ducati) berhasil keluar sebagai pemenang di seri pertama MotoGP yang berlangsung di Misano. 

Sementara itu, pada tanggal 3 November 2011, Sirkuit Misano berubah nama menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli. Perubahan dilakukan untuk menghormati Simoncelli yang tewas pada kecelakaan di Sirkuit Sepang, 22 Oktober 2011. Simoncelli seperti diketahui mengawali karier balapannya dari Sirkuit Misano ini.

Sirkuit Misano ini juga kembali menjadi tuan rumah MotoGP 2021 yang sebelumnya akan berlangsung di Sirkuit Sepang Malaysia pada tanggal 22-24 Oktober 2021. Sirkuit Sepang resmi membatalkan menjadi tuan rumah, dikarenakan perpanjangan masa pembatasan sosial dalam negeri Malaysia di era pandemi Covid-19.

Negeri Jiran Malaysia menetapkan masa darurat Covid-19 fase ketiga untuk bulan September dan Oktober. Kemudian fase keempat pada November dan Desember 2021. "Sirkuit internasional Sepang (SIC) dengan berat hati mengumumkan pembatalan MotoGP Malaysia 2021 yang dijadwalkan pada 22 -24 Oktober," jelas Sirkuit Sepang di Instagram miliknya.

Mendengar pengumuman tersebut, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP langsung bergerak cepat untuk mencari seri pengganti. Akhirnya, Sirkuit Misano di San Marino terpilih mengisi slot yang ditinggalkan oleh GP Malaysia. Misano akan menjadi tuan rumah untuk dua balapan MotoGP 2021 tetapi tidak secara berurutan. Seri pertama Misano, yakni GP San Marino akan digelar pada 17-19 September 2021 dan yang kedua digelar tanggal 22-24 Oktober 2021. [ibd/timBX]

Tags :

#
motogp2021,
#
motogp,
#
motogp san marino,
#
san marino