MENU
icon label
image label
blacklogo

Setelah Musim Semi 2021, Kia Stinger Diisukan Stop Produksi!

JUL 20, 2021@12:00 WIB | 367 Views

Dikarenakan penjualan Kia Stinger yang melambat selama beberapa tahun, membuat produksi next generation Kia Stinger masih belum jelas. Pada akhirnya ini bisa menjadi titik puncak perdebatan, karena terdengar kabar, model Kia Stinger generasi saat ini akan berakhir lebih awal. Tepatnya musim semi 2022 untuk lebih spesifiknya. Kia sendiri dikabarkan sudah merilis rencana produksinya pada Jumat (16/7/2021) lalu untuk pabrik manufakturnya di Korea Selatan.

Kemudian terkait hal tersebut, Kia Stinger terbaru kabarnya akan dirakit di pabrik Kia, Sohari, di Gwangmyeong. Tetapi, media Korean Car Blog mengabarkan bahwa pabrik tersebut akan di-retool untuk menangani produksi massal kendaraan listrik Kia masa depan. Dengan tujuan khususnya adalah untuk membuat versi hybrid dari minivan Kia Carnival terbaru. Laporan ini juga mengutip dari sumber industri lokal yang tidak disebutkan namanya terkait informasi tersebut.

Lebih lanjut, Korean Car Blog menyebut retooling itu akan dimulai pada awal tahun 2022 dan produksi Kia Stinger akan berakhir pada awal kuartal kedua 2022, bertepatan dengan musim semi. Laporan tersebut melukiskan masa depan yang suram untuk sedan sport itu. Kia Stinger sebelumnya baru saja menjalani facelift untuk semua pasar, dengan versi Amerika Serikat yang baru pada tahun ini. Jadi, menghentikan model tersebut setelah investasi semacam itu tampaknya tidak mungkin, dan lagi pula Korea Selatan bukan satu-satunya tempat Kia Stinger dibangun.

Jika kabar penghentian Kia Stinger di pabrik Sohari benar, produksi Kia Stinger dengan volume yang lebih rendah dapat dilanjutkan di lokasi lain. Satu hal yang pasti adalah bahwa penjualan Kia Stinger memang mengecewakan. Tercatat, hanya 13.861 unit Kia Stinger yang terjual di Amerika Serikat pada tahun 2019. Dan itu turun menjadi 12.556 unit pada tahun 2020 selama kondisi yang kurang ideal (pandemi Covid-19). Kekurangan chip global semakin berdampak pada 2021, dengan penjualan Kia Stinger year-to-date hingga Juni 2021 hanya naik sebanyak 147 mobil.

Untuk pasar Amerika Serikat, Kia Stinger adalah model dengan penjualan terendah Kia sejauh ini, dan penjualan di Eropa bahkan lebih buruk. Dengan angka tersebut, tentu ada alasan untuk percaya bahwa Kia akan memecat model Stinger ini tahun depan.[ibd/timBX]

Tags :

#
kia,
#
kia stinger,
#
sedan sport,
#
stop produksi