MENU
icon label
image label
blacklogo

Sesekali Bawa Mobil Kamu Berkeliling

APR 02, 2020@09:54 WIB | 4,941 Views

Ada yang suntuk di rumah saja selama wabah korona saat ini? Ya, mungkin kalian yang bekerja di rumah seharian sebagian pasti akan merasa lelah, atau sebagian lagi ada yang bermain game online di computer atau ponselnya. Tapi tunggu! Ada yang punya mobil tidak disini? Kalau ada, coba sesekali berkeliling kota yang sepi saat ini dengan mobil kalian.

Mobil pada dasarnya memiliki beberapa komponen penting yang patut kalian perhatikan. Adalah baterai, yang pengisian ulangnya hanya dari altenator ketika mesin mobil berjalan. Komponen dalam baterai/aki mobil menggunakan jenis baterai asam timbal/lead acid, yang jika lama tidak digunakan akan membuat zat kimia ini tidak berfungsi untuk menjalankan Aki.

Tak hanya Aki atau baterai saja, komponen lain yaitu oli dan bensin/bahan bakar kendaraan juga wajib dilihat. Kedua zat cair ini dapat mengumpulkan kondensasi sehingga menyebabkan degradasi yang cepat. Mungkin di waktu lampau, mesin-mesin kendaraan tak dibuat secanggih sekarang, karena mesin mobil terbaru kini cukup dihidupkan, tanpa dijalankan pun sudah dapat memanaskan oli mesin dan radiator, meskipun harus dihidupkan beberapa menit. Beberapa pabrikan Jepang seperti Toyota dan Daihatsu mengatakan untuk memanaskan mobil setidaknya cukup dua menit.

Akan lebih bagus jika semasa “WFH” ini kalian membawa jalan-jalan mobil pribadi, sembari menikmati kesunyian Jakarta, yang jarang terjadi. Lagi pula, membawa mobil berkelilng sebentar juga akan membuat sekuruh cairan baik bahan bakar, oli, oli transmisi, cairan rem dapat bergerak, terlebih agar gasket dan sealnya dilubrikasi. Selain itu membawa mobil bergerak juga akan membuat sabuk karet mesin lebih awet. Daripada membiarkannya diam dan membuat sabuk ini retak.

Ban yang didiamkan cukup lama bisa membuat flek atau bintik-bintik di sekitar ban. Hal ini bisa membuat ban kaku, dan jika dibawa jalan, maka anda akan merasakan getaran di setir mobil, yang juga membuat suspense dan komponen setir cepat rusak. Nah, sekalian membawa mobil keliling kota Jakarta, maka ban mobil yang tadinya tidak beraturan akan memiliki tekanan udara yang normal kembali.

Tidak salah kok dan jangan takut kehabisan bensin untuk membawa mobil kalian keliling kota Jakarta, karena memang saat ini jalanan yang sebelumnya macet, kini sudah lengang. Jadi bawa mobil kalian dengan berkendara hemat saja ya.[prm/timBX] foto: berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
mobil,
#
aus,
#
oli,
#
kerusakan,
#
bahan bakar,
#
ban,
#
rusak,
#
keliling jakarta,
#
work from home