MENU
icon label
image label
blacklogo

Serba Purple, Dua Karya Modifikasi Nyentrik ini Menjadi Koleksi Museum Belanda

MAR 19, 2020@20:15 WIB | 553 Views

Dua seniman modifikasi Frank Nicholas dan Terry Cook pernah membuat modifikasi berbasis Harley Davidson Sportster, yang kemudian mereka sebut sebagai Deco Rides. Sementara, mahakarya lainnya adalah Decoliner yang dipresentasikan sebagai titik kulminasi karya modifikasi mereka dengan mengadopsi gaya Lincoln Zephyr 1939  dari gaya scratch ke gaya sedan. Kemudian keduanya di-package dalam satu warna purple, warna yang diilhami sebagai musuh Batman.

Harley Davidson (Deco Rides) dapat dikeluarkan dan digunakan sebagaimana fungsi motor sesungguhnya. Lebih dari itu, memadukan warna ungu dan mengkombinasikan bodywork Deco Rides dan Deco Liner menjadi the biggest giveway. Pasalnya dua konsep menjadi senyawa yang menyatu, digabungkan dalam trim decoratif yang terinspirasi era mobil Prancis di tahun 1930-an. 

Tidak ada yang mengklaim konsep tersebut terinspirasi oleh lawan Batman. Saking menjadi karya monumental, kedua modifikasi tersebut akhirnya dikoleksi oleh Louwman Museum, Hague, Belanda. Hasil dari lelang Bonham, dimana penilaian terbaik sebagai 'virtual Faberge egg on wheels', dimana berapa lembar alumunium yang dipakai dan modifikasi yang dilakukan secara handmade menjadi sebuah sculpture.

Harley Davidson Sportster tersebut besutan tahun 1991 dipilih karena titik modifikasi harus mempertimbangkan tinggi, rendah dan modifikasi yang sesuai. Sementara Deco Liner lebih menitikkan memangkas roof, dan membuat body Lincoln jadi lebih panjang. Hebatnya Deco Rides bisa masuk melalui tangga elektrik alumunium yang sepanjang 9 kaki, dan ditarik dengan satu sentuhan. Sementara tangga elektrik bisa tersimpan rapi, tidak terlihat. Motor bisa ditali dengan scratch yang menjadi interior mobil. Sementara spatbor menonjok ke bagian handrest, dan itu sebuah nilai plus.

Secara kontruksi, Deco Liner adalah karya Frankenstein merujuk pada Lincoln Zephyr 1939. Sasis depan mengadopsi Chevrolet Blazer 1995 dan sasis belakang dibangun ulang untuk menopang sebuah Harley Sportster. Sementara dapur pacu menggunakna V8 Crate Engine milik general motor Goodwrench 350 cubic inci, menanggalkan mesin V6 milik Blazer. Berpenggerak roda depan, telah dilengkapi fitur power window, power brake dan power steering, interior yang serba hitam dan perak serta instrumen cluster milik Chrysler 1960-62 berbentuk mangkuk ikan mas.

Koleksi Deco Liner dan Deco Rides masuk ke Louwman dengan harga USD117.000 di tahun 2010. Sebelum itu sudah dikarak ke seluruh penjuru AS,  sensasi yang cukup ramai dan semarak di Sturgis Rally di Dakota, Laconia Motorcycle Week di Hampshire, Goodguys Rod and custom di Columbus, Ohio dan event Detroit Autorama. Tak ayal bila paduan modifikasi ini menjadi bagian dari koleksi museum otomotif Louwman, terbaik di Eropa BlackPals.[Ahs/timBX]

Tags :

#
deco liner,
#
deco rides,
#
lincoln zephyr 1939,
#
frank nicholas,
#
terry cook,
#
louwman museum,
#
harley sportster,
#
blazer 1995

RELATED ARTICLE